PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIKELEKTRONIK DENGAN MODEL PEMBELAJARANBERBASIS MASALAH (PBL) UNTUKMENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI MTsN 1 MEDAN

Tarigan, Yulia Ayu Utami (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIKELEKTRONIK DENGAN MODEL PEMBELAJARANBERBASIS MASALAH (PBL) UNTUKMENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI MTsN 1 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193311070_Cover.pdf] Text
4193311070_Cover.pdf

Download (71kB)
[thumbnail of 4193311070_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193311070_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4193311070_Abstrak.pdf] Text
4193311070_Abstrak.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 4193311070_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193311070_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4193311070_Daftar_Isi.pdf] Text
4193311070_Daftar_Isi.pdf

Download (614kB)
[thumbnail of 4193311070_BAB_I.pdf] Text
4193311070_BAB_I.pdf

Download (644kB)
[thumbnail of 4193311070_BAB_V.pdf] Text
4193311070_BAB_V.pdf

Download (395kB)
[thumbnail of 4193311070_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193311070_Daftar_Pustaka.pdf

Download (346kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbentuk elektronik melalui model pembelajaran berbasis masalah yang valid, praktis, dan efektif sehingga dapat meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa MTsN pada materi pola bilangan. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar validasi LKPD elektronik, lembar RPP, tes kemampuan literasi numerasi (pretest dan posttest), dan angket respon. Setelah LKPD elektronik dan instrumen dinyatakan valid oleh dosen validator ahli media dan ahli materi, dilanjutkan dengan uji keterbacaan dan uji lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) LKPD elektronik yang dikembangkan dengan model pembelajaran berbasis masalah telah memperoleh penilaian validitas yang tinggi. Penilaian dilakukan oleh ahli media dengan persentase sebesar 98,26% dan oleh ahli materi sebesar 91,04%, kedua kriteria tersebut memperoleh kategori sangat layak, (2) LKPD elektronik dengan model pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan telah memenuhi kriteria praktis dengan persentase dari angket kepraktisan untuk guru sebesar 80,56%, angket respon siswa sebesar 79,03%, dan angket respon ahli (dosen) sebesar 83,33% dengan kategori sangat praktis, (3) LKPD elektronik dengan model pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan telah memenuhi kriteria efektif yang ditentukan dari (a) ketercapaian ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 90%; (b) ketercapaian ketuntasan indikator yang dirumuskan sebesar 85,34%; (c) peningkatan kemampuan literasi numerasi siswa setelah belajar menggunakan LKPD elektronik mengalami peningkatan sebesar 43,61 dan ditinjau dari nilai n-gain peningkatan berada pada kategori tinggi dengan rata-rata 0,76; (d) pembelajaran dengan menggunakan LKPD elektronik memperoleh respon positif dengan persentase sebesar 83,33%
Kata Kunci: LKPD elektronik, model pembelajaran berbasis masalah, kemampuan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: LKPD elektronik, model pembelajaran berbasis masalah, kemampuan literasi numerasi, pola bilangan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 20 Jan 2025 07:14
Last Modified: 20 Jan 2025 07:14
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59063

Actions (login required)

View Item
View Item