PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS IX SMP NEGERI 29 MEDAN

Adilla, Putri (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS IX SMP NEGERI 29 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4192411016_Cover.pdf] Text
4192411016_Cover.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of 4192411016_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4192411016_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (493kB)
[thumbnail of 4192411016_Abstrak.pdf] Text
4192411016_Abstrak.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of 4192411016_Kata_Pengantar.pdf] Text
4192411016_Kata_Pengantar.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of 4192411016_Daftar_Isi.pdf] Text
4192411016_Daftar_Isi.pdf

Download (801kB)
[thumbnail of 4192411016_BAB_I.pdf] Text
4192411016_BAB_I.pdf

Download (672kB)
[thumbnail of 4192411016_BAB_V.pdf] Text
4192411016_BAB_V.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of 4192411016_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4192411016_Daftar_Pustaka.pdf

Download (280kB)

Abstract

Matematika dianggap komponen krusial dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, menjadikannya sebagai suatu ilmu yang terstruktur dan terpadu. Keunggulan mateatika terletak pada kemampuannya untuk memecahkan permasalahan, baik dalam konteks soal matematika maupun permasalahan lain yang terkait dengan kehidupan nyata. Salah satu kemampuan dari tujuan pelajaran matematika yang harus dikuasai siswa adalah kemampuan penalaran matematis. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat pengaruh yang ditimbulkan oleh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas IX di SMP Negeri 29 Medan. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 56 siswa. Sampel penelitian ini kelas IX – 4 dengan 29 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IX – 5 dengan 27 siswa sebagai kelas kontrol dengan teknik Simple Random Sampling. Desain penelitian ini menggunakan Posttest Only Control Design. Analisis data menggunakan uji Independent Sample T – Test. Dari penelitian ini, didapatkan hasil bahwa kemampuan penalaran matematis siswa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih baik daripada siswa pada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Maka diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh positif terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas IX SMP Negeri 29 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Problem Based Learning, kemampuan penalaran matematis, Refleksi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 20 Jan 2025 06:31
Last Modified: 20 Jan 2025 06:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59058

Actions (login required)

View Item
View Item