Adinia, Annisa Fajrika (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS DICOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP. Undergraduate thesis, UNIMED.
4193311063_Cover.pdf
Download (198kB)
4193311063_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (260kB)
4193311063_Abstrak.pdf
Download (413kB)
4193311063_Kata_Pengantar.pdf
Download (345kB)
4193311063_Daftar_Isi.pdf
Download (513kB)
4193311063_BAB_I.pdf
Download (427kB)
4193311063_BAB_V.pdf
Download (408kB)
4193311063_Daftar_Pustaka.pdf
Download (255kB)
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk memperoleh Suatu bahan ajar berupa E-Modul berbasis discovery learning yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ialah lembar validasi RPP, lembar validasi materi dan media terhadap e-modul berbasis discovery learning , Lembar validasi angket respon guru dan siswa, serta lembar validasi angket pengamatan aktivitas siswa terhadap e-modul.Setelah semua instrumen, RPP, dan e-modul divalidasi oleh validator selanjutnya dilakukan uji keterbacaan dan uji lapangan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) perangkat pembelajaran berbasis discovery learning yang telah dikembangkan memenuhi kriteria validitas berdasarkan penilaian validator dengan rata-rata valditas RPP sebesar 3,73 dengan kriteria sangat layak, materi dan media memiliki nilai rata-rata validitas berturut-turut sebesar 3,68 dan 3,81 dengan kriteria sangat layak (2) Materi pembelajaran e-modul berbasis discovery learning yang dikembangkan memenuhi kriteria kepraktisan : a) hasil anget guru pada e-modul menunjukkan relevansi praktis sebesar 94,73 % dalam kategori sangat praktis; (b) hasil angket siswa pada e-modul menunjukan relevansi praktis sebesar 93,80% dalam kategori sangat praktis; (3) Perangkat pembelajaran e-modul berbasi discovery learning yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif dengan : (a) ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 89,66%; (b) 83, 68% siswa mencapai tujuan pembelajaran untuk rerata masing-masing indikator; (c) Waktu pembelajaran sama dengan pembelajaran biasa pada uji lapangan dan mendapatkan respon positif dari siswa terhadap e-modul. Uji analisis N-Gain menunjukan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan e-modul berbasis discovery learning meningkat sebesar 0,80 dalam kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 510.712 Adi p |
Keywords: | E-modul; Discovery learning; Pemecahan masalah matematis; Pola bilangan; Bahan ajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 20 Jan 2025 08:42 |
Last Modified: | 20 Jan 2025 08:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59054 |