Sembiring, Erwin (2019) Penerapan Variasi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Chest Pass Bola Basket Pada Siswa Kelas XI SMK TI Dharma Bakti Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6123111032 COVER.pdf
Download (126kB)
2. NIM. 6123111032 APPROVAL SHEET.pdf
Download (228kB)
3. NIM. 6123111032 ABSTRACT.pdf
Download (38kB)
4. NIM. 6123111032 PREFACE.pdf
Download (160kB)
5. NIM. 6123111032 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (90kB)
6. NIM. 6123111032 LIST OF TABLES.pdf
Download (35kB)
7. NIM. 6123111032 LIST OF FIGURES.pdf
Download (35kB)
8. NIM. 6123111032 LIST OF APPENDICES.pdf
Download (34kB)
9. NIM. 6123111032 CHAPTER I.pdf
Download (404kB)
13. NIM. 6123111032 CHAPTER V.pdf
Download (115kB)
14. NIM. 6123111032 BIBLIOGRAPHY .pdf
Download (143kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui peningkatan hasil belajar chest pass pada permainan bola basket melalui penerapan variasi pembelajaran dan alat modifikasi untuk meningkatkan hasil belajar chestpass bola basket pada siswa kelas XI SMK TI Dharma Bakti Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah kelas XI sebanyak 44 siswa putra dan putri. Penelitian dilaksanakan di SMK TI Dharma Bakti Medan pada bulan Juli 2019. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan portofolio penilaian tes.
Hasil penelitian siklus I setelah dilakukan post test siklus I dari 44 siswa terdapat 28 orang siswa (63,63%) tuntas dan 16 orang siswa (36,36%) belum tuntas dengan nilai rata-rata 72,63 (belum tuntas). Hasil penelitian siklus II setelah dilakukan post test siklus II dari 44 siswa terdapat 40 siswa (90,90%) tuntas dan 4 siswa (9,09%) tidak tuntas dengan nilai rata-rata 85,27(tuntas). Kenaikan nilai rata-rata antara siklus I dan siklus II adalah sebesar 12,64%. Berdasarkan hasil tes tersebut terjadi peningkatan jumlah siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar dan memenuhi kriteria ketuntasan klasikal yaitu 85%.Dari observasi kemampuan guru dalam kegiatan pembelajaran chest pass melalui penerapan variasi pembelajaran dan alat modifikasi, pada siklus I kemampuan guru dalam kegiatan pembelajaran dalam kategori kurang (70). Sedangkan pada siklus II kemampuan guru dalam kegiatan pembelajaran meningkat menjadi sangat baik (92,5). Selanjutnya, sesuai hasil observasi partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran chest pass melalui penerapan variasi pembelajaran dan alat modifikasi, pada siklus I keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran dalam kategori kurang (70). Sedangkan pada siklus II keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran meningkat menjadi (90) kategori sangat baik.
Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan variasi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar chest passbola basket pada siswa kelas XI SMK TI Dharma Bakti Medan Tahun Ajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2019-PJKR-149 |
Keywords: | pembelajaran; bola basket; Chest Pass; SMK |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 10 Dec 2024 08:35 |
Last Modified: | 10 Dec 2024 08:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59043 |