PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TERINTEGRASI KETERAMPILAN GENERIK SAINS PADA MATERI ASAM DAN BASA

Siahaan, Hanna Maria (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TERINTEGRASI KETERAMPILAN GENERIK SAINS PADA MATERI ASAM DAN BASA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM NIM 4193331041 COVER.pdf] Text
1. NIM NIM 4193331041 COVER.pdf

Download (22kB)
[thumbnail of 2. NIM 4193331041 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM 4193331041 APPROVAL SHEET.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of 3.  NIM 4193331041 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM 4193331041 ABSTRACT.pdf

Download (18kB)
[thumbnail of 4. NIM 4193331041 PREFACE.pdf] Text
4. NIM 4193331041 PREFACE.pdf

Download (70kB)
[thumbnail of 5. NIM 4193331041 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM 4193331041 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (420kB)
[thumbnail of 9. NIM 4193331041 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM 4193331041 CHAPTER I.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of 13. NIM 4193331041 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM 4193331041 CHAPTER V.pdf

Download (18kB)
[thumbnail of 14. NIM 4193331041 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM 4193331041 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (75kB)

Abstract

Penggunaan buku ajar yang dimiliki guru masih terlalu padat materi dan juga kurangnya penjelasan dengan penambahan gambar sehingga siswa lebih sulit memahami apa yang dipelajari. Keberhasilan siswa juga dapat diukur dari kemampuan dasar siswa dalam menjalani proses pembelajaran. Kemampuan dasar ini dikenal sebagai keterampilan generik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kelayakan bahan ajar yang dikembangkan dan untuk mengetahui respon siswa terhadap bahan ajar yang dikembangkan. Penelitian ini dilakukan di Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Medan dan di SMAN 1 Percut Sei Tuan. Populasi dalam penelitian ini adalah bahan ajar kimia keterampilan generik sains pada materi asam basa dan sampel dalam penelitian ini
adalah dosen ahli media, dosen ahli materi, guru mata pelajaran kimia dan siswa kelas XI SMAN 1 Percut Sei Tuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan memberikan kuesioner untuk mengetahui kelayakan modul dan untuk mengetahui tanggapannya. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan 4-D yang terdiri dari 4 tahap pengembangan yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli media dan ahli materi
diperoleh rata-rata validasi media sebesar 82,52% dan validasi materi sebesar 84,90%. (Respon siswa sebesar 95,4% dengan kriteria respon sangat tinggi, dimana modul terpadu
keterampilan generik sains asam basa layak digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 540.071 2 Sia p
Keywords: Bahan ajar; Keterampilan generik sains; Asam basa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 08 Nov 2024 07:51
Last Modified: 08 Nov 2024 07:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59019

Actions (login required)

View Item
View Item