PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TERMOKIMIA DI SMA

Lubis, Destiyati Yulrima (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TERMOKIMIA DI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4183131053 COVER.pdf] Text
1. NIM 4183131053 COVER.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 2. NIM 4183131053 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM 4183131053 APPROVAL SHEET.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of 3. NIM 4183131053 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM 4183131053 ABSTRACT.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of 4. NIM 4183131053 ACKNOWLEDGEMENTS.pdf] Text
4. NIM 4183131053 ACKNOWLEDGEMENTS.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of 5. NIM 4183131053 TABLE OF CONTENTS.pdf] Text
5. NIM 4183131053 TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (315kB)
[thumbnail of 9. NIM 4183131053 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM 4183131053 CHAPTER I.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of 13. NIM 4183131053 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM 4183131053 CHAPTER V.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of 14. NIM 4183131053 REFERENCES.pdf] Text
14. NIM 4183131053 REFERENCES.pdf

Download (167kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa dengan model pembelajaran bervariasi menggunakan media pembelajaran powtoon pada materi termokimia, serta melihat interaksi antara hasil belajar siswa terhadap minat belajar siswa kelas XI MIA SMA Swasta Dharma Pancasila Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Penentuan sampel penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling yaitu sebanyak 2 kelas, dimana kelas pertama diberi pembelajaran dengan model Problem Based Learning sedangkan kelas kedua diberi pembelajaran dengan model Learning Cycle 5E. Pembelajaran pada kedua kelas tersebut didukung dengan media Powtoon. Uji hipotesis dilakukan dengan ANOVA dua jalur (ANOVA two-way) with General Linear Model (GLM) univariate dengan hasil penelitian pada model pembelajaran yang bervariasi diperoleh harga sig. 0,044 < � (0,05) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata nilai hasil belajar siswa pada materi termokimia yang dibelajarkan dengan model pembelajaran bervariasi. Pada minat belajar yang bervariasi diperoleh sig. 0,004 < � (0,05) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata nilai hasil belajar siswa pada materi termokimia yang dibelajarkan dengan minat belajar bervariasi. Selanjutnya pada
interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar diperoleh harga sig. 0,049 < � (0,05) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, dapat disimpulkan bahwa terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan minat belajar terhadap nilai hasil
belajar siswa pada materi termokimia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 540.071 2 Lub p
Keywords: Model pembelajaran; Minat; Hasil belajar; Termokimia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 05 Nov 2024 18:17
Last Modified: 05 Nov 2024 18:17
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59013

Actions (login required)

View Item
View Item