Windari, Lia (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI TEKANAN ZAT CAIR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Masters thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
3.ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
9 .BAB I.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah bahan ajar yang dikembangkan dapat meningkatkan respon dan hasil belajar siswa dengan menggunakan pengembangan bahan ajar SMP/MTs berbasis Discovery Learning pada materi Tekanan Zat Cair.
Metode yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D). Sampel penelitian ini adalah satu kelas yaitu kelas VIII -2 MTsN Binjai dengan jumlah siswa 31 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data ada tiga yaitu dengan menggunakan lembar validasi bahan ajar berupa angket dan kemudian di validkan oleh tim ahli, untuk menilai respon siswa pada bahan ajar instrumen yang digunakan berupa angket yang dibagikan pada setiap pertemuan dan untuk melihat hasil belajar siswa digunakan Pretes dan Postes pada setiap pertemuan.
Hasil penelitian diperoleh: Kevalidatan bahan ajar terhadap media dan materi oleh validator diperoleh hasil, yaitu : aspek kelayakan kegrafikan sebesar 76,67 dengan kategori “valid”, aspek kelayakan bahasa sebesar 77,08 dengan kategori “valid”, aspek kelayakan isi sebesar 76,96 dengan kategori “valid”, aspek kelayakan penyajian sebesar 77,56 dengan kategori “valid”, dan aspek penilaian kontekstual sebesar 77,78 dengan kategori “valid” . Respon belajar siswa pada pertemuan I, II, III, IV yaitu: respon rata-rata pada pertemuan pertama sebesar 64,49% dengan kategori “baik”, pada pertemuan kedua sebesar 70,65% dengan kategori “baik”, pada pertemuan ketiga 76,09 % dengan kategori “baik”, dan pada pertemuan keempat sebesar 82,01 dengan kategori “sangat baik”. Hasil belajar siswa dianalisis menggunakan gain ternormalisasi, hasil yang diperoleh yaitu gain pertama sebesar 0,64 kategori “sedang”, gain kedua sebesar 0,741 kategori “tinggi”, gain ketiga sebesar 0,818 kategori “tinggi”, dan gain keempat sebesar 0,847 kategori “tinggi”.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 532.207 12 Win p |
Keywords: | Hakikat belajar; Bahan ajar; Modul; Pembelajaran discovery; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 20 Jun 2016 08:57 |
Last Modified: | 20 Jun 2016 08:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5901 |