Putri, Nurmanida (2023) Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Pada Tema 6 Subtema 4 Menggunakan Model Picture and Picture Berbantuan Powerpoint Kelas III SDN 104214 T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.
1192411036_Cover.pdf
Download (218kB)
1192411036_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (865kB)
1192411036_Abstrak.pdf
Download (293kB)
1192411036_Kata_Pengantar.pdf
Download (393kB)
1192411036_Daftar_Isi.pdf
Download (189kB)
1192411036_Daftar_Gambar.pdf
Download (183kB)
1192411036_Daftar_Tabel.pdf
Download (184kB)
1192411036_Daftar_Lampiran.pdf
Download (185kB)
1192411036_BAB_I.pdf
Download (516kB)
1192411036_BAB_V.pdf
Download (197kB)
1192411036_Daftar_Pustaka.pdf
Download (303kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita pada tema 6 subtema 4 menggunakan model picture and picture berbantuan powerpoint kelas III SDN 104214 Kedai Durian. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN 104214 Kedai Durian. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 25 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan selama 2 siklus, dimana dalam setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan berupa tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif dengan rumus nilai rata-rata, persentase ketuntasan belajar dan data observasi. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model picture and picture berbantuan powerpoint dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa pada tema 6 subtema 4 materi penghematan energi. Hal ini dapat dibuktikan dari rata-rata siswa sebelum model picture and picture berbantuan powerpoint diterapkan yaitu 63,8. Siswa yang mendapat nilai tuntas adalah 20%. Dari hasil siklus I diperoleh nilai rata-rata 68,8 dengan siswa yang memperoleh nilai tuntas 48%. Kemudian siklus II diperoleh skor rata-rata 77,56 dengan siswa yang memperoleh skor tuntas 88% dan nilai siswa sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dengan nilai ≥70. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis siswa pada tema 6 subtema 4 dengan menggunakan model picture and picture berbantuan powerpoint
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Keterampilan Menulis Cerita; Model Picture and Picture; Powerpoint |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 04:39 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 04:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58993 |