BR TARIGAN, NELLA ADELINA (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Tema 7 Subtema 2 SD Negeri 106809 Kolam T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1183111002_Cover.pdf
Download (31kB)
1183111002_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (760kB)
1183111002_Abstrak.pdf
Download (220kB)
1183111002_Kata_Pengantar.pdf
Download (596kB)
1183111002_Daftar_Isi.pdf
Download (543kB)
1183111002_Daftar_Gambar.pdf
Download (430kB)
1183111002_Daftar_Tabel.pdf
Download (432kB)
1183111002_Daftar_Lampiran.pdf
Download (430kB)
1183111002_BAB_I.pdf
Download (762kB)
1183111002_BAB_V.pdf
Download (673kB)
1183111002_Daftar_Pustaka.pdf
Download (535kB)
Abstract
Media sangat dibutuhkan untuk mencapai tujuan dari proses pembelajaran. Tujuan dilaksanakan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas media Pop Up Book pada hasil belajar anak. Berdasarkan segi manfaat yang dapat diuji secara empirik dan jelas arahnya. Oleh karenanya penelitian ini memiliki batasan masalah pada Pengembangan Media Pembelajaran Pop-up Book untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Kelas V Tema 7 Subtema 2 SD Negeri 106809 Kolam. Tempat dan sample penelitian dilakukan di SD 106809 Kolam Kec. Percut Sei Tuan, Kab. Deli Serdang, Provinsi Sumatra Utara. Pengambilan sempel data diambil dari kelas V-A sebanyak 31 siswa dan kelas VB sebanyak 31 siswa. Metode yang digunakan pada penelitian mengunakan metode R&D. Model pengembangan yang akan dilakukan dikenal dengan model pengembangan 4-D, model 4-D tersebut adalah Define, Design, Develop, dan Disseminate. Dalam penelitian ini terdapat perbedaan signifikan dalam peningkatan nilai antara kelas yang mengunakan media pembelajaran Pop Up Book dengan
kelas yang tidak mengunakan media Pop Up Book. Kelas yang mengunakan media Pop Up Book mengalami peningkatan signifikan dari nilai rata-rata awal 37,16 menjadi 78,84 sedangkan kelas yang tidak menggunakan media Pop Up Book
memiliki rata-rata awal 52,26 menjadi 71,35. Dari pencapaian nilai rata-rata kelas V-A dapat dilihat bahwa penggunaan media Pop Up Book sangat membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan; Pop Up Book; Define; Design; Develop; Disseminate; Tematik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 28 Aug 2024 01:32 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 01:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58976 |