Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Tema 7 Subtema 2 SD Negeri 106809 Kolam T.A 2022/2023.

BR TARIGAN, NELLA ADELINA (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Tema 7 Subtema 2 SD Negeri 106809 Kolam T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1183111002_Cover.pdf] Text
1183111002_Cover.pdf

Download (31kB)
[thumbnail of 1183111002_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1183111002_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (760kB)
[thumbnail of 1183111002_Abstrak.pdf] Text
1183111002_Abstrak.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of 1183111002_Kata_Pengantar.pdf] Text
1183111002_Kata_Pengantar.pdf

Download (596kB)
[thumbnail of 1183111002_Daftar_Isi.pdf] Text
1183111002_Daftar_Isi.pdf

Download (543kB)
[thumbnail of 1183111002_Daftar_Gambar.pdf] Text
1183111002_Daftar_Gambar.pdf

Download (430kB)
[thumbnail of 1183111002_Daftar_Tabel.pdf] Text
1183111002_Daftar_Tabel.pdf

Download (432kB)
[thumbnail of 1183111002_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1183111002_Daftar_Lampiran.pdf

Download (430kB)
[thumbnail of 1183111002_BAB_I.pdf] Text
1183111002_BAB_I.pdf

Download (762kB)
[thumbnail of 1183111002_BAB_V.pdf] Text
1183111002_BAB_V.pdf

Download (673kB)
[thumbnail of 1183111002_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1183111002_Daftar_Pustaka.pdf

Download (535kB)

Abstract

Media sangat dibutuhkan untuk mencapai tujuan dari proses pembelajaran. Tujuan dilaksanakan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas media Pop Up Book pada hasil belajar anak. Berdasarkan segi manfaat yang dapat diuji secara empirik dan jelas arahnya. Oleh karenanya penelitian ini memiliki batasan masalah pada Pengembangan Media Pembelajaran Pop-up Book untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Kelas V Tema 7 Subtema 2 SD Negeri 106809 Kolam. Tempat dan sample penelitian dilakukan di SD 106809 Kolam Kec. Percut Sei Tuan, Kab. Deli Serdang, Provinsi Sumatra Utara. Pengambilan sempel data diambil dari kelas V-A sebanyak 31 siswa dan kelas VB sebanyak 31 siswa. Metode yang digunakan pada penelitian mengunakan metode R&D. Model pengembangan yang akan dilakukan dikenal dengan model pengembangan 4-D, model 4-D tersebut adalah Define, Design, Develop, dan Disseminate. Dalam penelitian ini terdapat perbedaan signifikan dalam peningkatan nilai antara kelas yang mengunakan media pembelajaran Pop Up Book dengan
kelas yang tidak mengunakan media Pop Up Book. Kelas yang mengunakan media Pop Up Book mengalami peningkatan signifikan dari nilai rata-rata awal 37,16 menjadi 78,84 sedangkan kelas yang tidak menggunakan media Pop Up Book
memiliki rata-rata awal 52,26 menjadi 71,35. Dari pencapaian nilai rata-rata kelas V-A dapat dilihat bahwa penggunaan media Pop Up Book sangat membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan; Pop Up Book; Define; Design; Develop; Disseminate; Tematik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 28 Aug 2024 01:32
Last Modified: 28 Aug 2024 01:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58976

Actions (login required)

View Item
View Item