Analisis Keefektifan Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 5 Subtema 3 Kelas V di SD Negeri 105273 Helvetia T.A. 2022/2023

ROHI, NAREL FEBRINA DANIELA (2023) Analisis Keefektifan Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 5 Subtema 3 Kelas V di SD Negeri 105273 Helvetia T.A. 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1183311073_Cover.pdf] Text
1183311073_Cover.pdf

Download (15kB)
[thumbnail of 1183311073_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1183311073_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of 1183311073_Abstrak.pdf] Text
1183311073_Abstrak.pdf

Download (157kB)
[thumbnail of 1183311073_Kata_Pengantar.pdf] Text
1183311073_Kata_Pengantar.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of 1183311073_Daftar_Isi.pdf] Text
1183311073_Daftar_Isi.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 1183311073_Daftar_Gambar.pdf] Text
1183311073_Daftar_Gambar.pdf

Download (82kB)
[thumbnail of 1183311073_Daftar_Tabel.pdf] Text
1183311073_Daftar_Tabel.pdf

Download (5kB)
[thumbnail of 1183311073_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1183311073_Daftar_Lampiran.pdf

Download (82kB)
[thumbnail of 1183311073_BAB_I.pdf] Text
1183311073_BAB_I.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of 1183311073_BAB_V.pdf] Text
1183311073_BAB_V.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of 1183311073_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1183311073_Daftar_Pustaka.pdf

Download (85kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui keefektifan
pembelajaran melalui pelaksanan model pembelajaran Think Pair Share
dengan meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 5 subtema 3 pembelajaran
1 di kelas V SDN 105273 Helvetia T.A. 2022/2023. Jenis penelitian pada
penelitian ini adalah Quasi Eksperiment dengan menggunakan One-Group-
Pretest-Postest. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD
Negeri 105273 Helvetia yang berjumlah 16 orang siswa. Sampel penelitian
yang digunakan adalah secara sampling jenuh (semua populasi digunakan
sebagai sampel). Sampel yang digunakan berjumlah 16 orang siswa sebagai
kelas eksperimen tanpa menggunakan kelas kontrol. Teknik analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah uji t. Hasil penelitian dan kesimpulan
dalam penelitian ini adalah: 1) Dari hasil belajar yang diperoleh, terdapat 4
siswa yang tidak tuntas nilai KKM sedangkan 12 siswa lainnya tuntas, artinya
75% siswa kelas V di SDN 105273 Helvetia sudah tuntas melebihi 50% dengan
nilai rata-rata 78,12 dan pembelajaran ini dikatakan efektif dengan menggunakan
model pembelajaran Think Pair Share. 2) Dari hasil perhitungan data belajar
dengan model pembelajaran Think Pair Share di peroleh thitung 3,877 dan ttabel
1,753 daftar distribusi t dengan taraf signifikan (α = 0,05) dan derajat
kebebasan 15 (db =N–1 = 16 - 1 = 15). Sehingga diperoleh thitung > ttabel
dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima yang menyatakan “Terdapat
keefektifan penggunaan model pembelajaran Think Pair Share yang signifikan
terhadap hasil belajar siswa pada Tema 5 Subtema 3 Pembelajaran 1 di kelas V
SDN 105273 Helvetia T.A 2022/2023”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran Think Pair Share; Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 09 Jan 2025 04:38
Last Modified: 09 Jan 2025 04:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58973

Actions (login required)

View Item
View Item