ROHI, NAREL FEBRINA DANIELA (2023) Analisis Keefektifan Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 5 Subtema 3 Kelas V di SD Negeri 105273 Helvetia T.A. 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1183311073_Cover.pdf
Download (15kB)
1183311073_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (219kB)
1183311073_Abstrak.pdf
Download (157kB)
1183311073_Kata_Pengantar.pdf
Download (164kB)
1183311073_Daftar_Isi.pdf
Download (87kB)
1183311073_Daftar_Gambar.pdf
Download (82kB)
1183311073_Daftar_Tabel.pdf
Download (5kB)
1183311073_Daftar_Lampiran.pdf
Download (82kB)
1183311073_BAB_I.pdf
Download (88kB)
1183311073_BAB_V.pdf
Download (152kB)
1183311073_Daftar_Pustaka.pdf
Download (85kB)
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui keefektifan
pembelajaran melalui pelaksanan model pembelajaran Think Pair Share
dengan meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 5 subtema 3 pembelajaran
1 di kelas V SDN 105273 Helvetia T.A. 2022/2023. Jenis penelitian pada
penelitian ini adalah Quasi Eksperiment dengan menggunakan One-Group-
Pretest-Postest. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD
Negeri 105273 Helvetia yang berjumlah 16 orang siswa. Sampel penelitian
yang digunakan adalah secara sampling jenuh (semua populasi digunakan
sebagai sampel). Sampel yang digunakan berjumlah 16 orang siswa sebagai
kelas eksperimen tanpa menggunakan kelas kontrol. Teknik analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah uji t. Hasil penelitian dan kesimpulan
dalam penelitian ini adalah: 1) Dari hasil belajar yang diperoleh, terdapat 4
siswa yang tidak tuntas nilai KKM sedangkan 12 siswa lainnya tuntas, artinya
75% siswa kelas V di SDN 105273 Helvetia sudah tuntas melebihi 50% dengan
nilai rata-rata 78,12 dan pembelajaran ini dikatakan efektif dengan menggunakan
model pembelajaran Think Pair Share. 2) Dari hasil perhitungan data belajar
dengan model pembelajaran Think Pair Share di peroleh thitung 3,877 dan ttabel
1,753 daftar distribusi t dengan taraf signifikan (α = 0,05) dan derajat
kebebasan 15 (db =N–1 = 16 - 1 = 15). Sehingga diperoleh thitung > ttabel
dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima yang menyatakan “Terdapat
keefektifan penggunaan model pembelajaran Think Pair Share yang signifikan
terhadap hasil belajar siswa pada Tema 5 Subtema 3 Pembelajaran 1 di kelas V
SDN 105273 Helvetia T.A 2022/2023”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Think Pair Share; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 04:38 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 04:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58973 |