HARAHAP, NAHDAH FAIZAH (2023) Pengembangan E-LKPD Berbasis Qr-Code Melalui Model Problem Based Learning pada Materi Bangun Datar di Kelas IV Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1193311131_Cover.pdf
Download (16kB)
1193311131_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (138kB)
1193311131_Abstrak.pdf
Download (11kB)
1193311131_Kata_Pengantar.pdf
Download (148kB)
1193311131_Daftar_Isi.pdf
Download (11kB)
1193311131_Daftar_Gambar.pdf
Download (5kB)
1193311131_Daftar_Tabel.pdf
Download (6kB)
1193311131_Daftar_Lampiran.pdf
Download (4kB)
1193311131_BAB_I.pdf
Download (150kB)
1193311131_BAB_V.pdf
Download (70kB)
1193311131_Daftar_Pustaka.pdf
Download (83kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan masalah yaitu, penggunaan LKPD
masih menggunakan soal Latihan pada buku paket yang kurang menarik sehingga
peserta didik merasa bosan pada saat proses pembelajaran berlangsung.
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik adalah salah satu
perangkat pembelajaran yang menunjang ketercapaian tujuan pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Validitas, Efektivitas dan Praktikalitas
dari e-LKPD berbasis QR Code melalui model Problem Based Learning dalam
meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 064966 Medan. Penelitian ini
menggunakan metode Research & Development dengan model Thiagarajan (4-D)
yang terdiri 4 langkah yaitu define, design, development dan disseminate. Teknik
pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, skala dan test. Teknik analisis data
yaitu teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Penelitian
dan pengembangan ini menghasilkan produk E-LKPD dengan QR-Barcode
berbasis PBL sebagai LKPD pembelajaran matematika materi bangun datar pada
siswa kelas IV SD N 064966 Medan. Hasil analisis menandakan bahwa e-LKPD
produk ini telah divalidasi oleh ahli desain dan materi LKPD memperoleh
persentase 91,57% dan 88,75 % dengan kategori sangat layak. Hasil kepraktisan
mendapatkan persentase dengan kategori sangat praktis sebesar 92,78% dan
keefektifan mendapatkan beberapa hasil yaitu ketuntasan hasil tes diperoleh 81%
dengan kulifikasi sangat efektif. Dengan demikian, e-LKPD berbasis QR Code
melalui model Problem Based Learning pada materi bangun datar yang dihasilkan
dinyatakan valid, praktis, dan efektif digunakan sebagai perangkat pembelajaran
serta mampu melatihkan keterampilan berpikir kritis
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (e-LKPD); Problem Based Learning (PBL); Bangun datar; Model 4-D |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 04:38 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 04:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58971 |