Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 106162 Medan Estate Tahun Ajaran 2022/2023

PASARIBU, MIRANDA VALENTIN (2023) Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 106162 Medan Estate Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1192411049_Cover.pdf] Text
1192411049_Cover.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of 1192411049_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1192411049_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (747kB)
[thumbnail of 1192411049_Abstrak.pdf] Text
1192411049_Abstrak.pdf

Download (329kB)
[thumbnail of 1192411049_Kata_Pengantar.pdf] Text
1192411049_Kata_Pengantar.pdf

Download (486kB)
[thumbnail of 1192411049_Daftar_Isi.pdf] Text
1192411049_Daftar_Isi.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of 1192411049_Daftar_Gambar.pdf] Text
1192411049_Daftar_Gambar.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of 1192411049_Daftar_Tabel.pdf] Text
1192411049_Daftar_Tabel.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of 1192411049_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1192411049_Daftar_Lampiran.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of 1192411049_BAB_I.pdf] Text
1192411049_BAB_I.pdf

Download (433kB)
[thumbnail of 1192411049_BAB_V.pdf] Text
1192411049_BAB_V.pdf

Download (540kB)
[thumbnail of 1192411049_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1192411049_Daftar_Pustaka.pdf

Download (206kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan
intrapersonal terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 106162 Medan Estate
Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan model analisis
regresi linear sederhana. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VA SD Negeri
106162 Medan Estate sebanyak 32 siswa dengan teknik purposive sampling.
Instrumen yang digunakan sebagai alat pengumpul data pada penelitian ini adalah
angket kecerdasan intrapersonal dalam bentuk skala likert dengan 25 butir pernyataan
dan data prestasi belajar siswa diambil dari nilai rata-rata rapor siswa pada semester
ganjil tahun ajaran 2022/2023. Melalui analisis regresi linear sederhana dengan taraf
signifikansi 5% (0,05), diperoleh nilai R Square sebesar 0,312 atau 31,2% yang
berarti terdapat pengaruh positif dan signifikan. Artinya variabel kecerdasan
intrapersonal berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil
pengujian hipotesis dengan Uji-t, diperoleh nilai sebesar 3,691 dan nilai
sebesar 2,042. Dimana 3,691 > 2,042 dengan taraf signifikansi 0,001 < 0,05,
artinya ditolak dan diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh
nyata (signifikan) variabel Kecerdasan Intrapersonal terhadap variabel Prestasi
Belajar siswa kelas V SD Negeri 106162 Medan Estate Tahun Ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kecerdasan Intrapersonal; Prestasi Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 09 Jan 2025 04:35
Last Modified: 09 Jan 2025 04:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58965

Actions (login required)

View Item
View Item