Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi KineMaster Pada Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas V SDN 065853 Tegal Sari Mandala II Kec. Medan Denai.

SIBURIAN, MICHAEL YOBEL (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi KineMaster Pada Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas V SDN 065853 Tegal Sari Mandala II Kec. Medan Denai. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1193111061_Cover.pdf] Text
1193111061_Cover.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of 1193111061_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193111061_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1193111061_Abstrak.pdf] Text
1193111061_Abstrak.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of 1193111061_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193111061_Kata_Pengantar.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 1193111061_Daftar_Isi.pdf] Text
1193111061_Daftar_Isi.pdf

Download (77kB)
[thumbnail of 1193111061_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193111061_Daftar_Gambar.pdf

Download (45kB)
[thumbnail of 1193111061_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193111061_Daftar_Tabel.pdf

Download (30kB)
[thumbnail of 1193111061_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193111061_Daftar_Lampiran.pdf

Download (30kB)
[thumbnail of 1193111061_BAB_I.pdf] Text
1193111061_BAB_I.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of 1193111061_BAB_V.pdf] Text
1193111061_BAB_V.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of 1193111061_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193111061_Daftar_Pustaka.pdf

Download (99kB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui kelayakan,
kepraktisan, serta keefektifan media pembelajaran menggunakan aplikasi
KineMaster pada pembelajaran Bahasa Inggris kelas V SDN 065853 Tegal Sari
Mandala II T.A. 2022/2023. Jenis penelitian ini merupakan R&D (Research and
Development) dengan menggunakan model 4D (Four-D) yang terdiri dari Define,
Design, Develop, dan Dissemninate. Subjek dalam penelitian merupakan siswa
kelas V SDN 065853 Tegal Sari Mandala II, Kec. Medan Denai, T.A 2022/2023.
Objek dalam penelitian ini merupakan media pembelajaran menggunakan aplikasi
KineMaster. Untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan keefektifan, maka
dilakukan penilaian media oleh ahli media, ahli materi dan kepraktisan media, serta
tes hasil belajar untuk mengukur keefektifan media pembelajaran. Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa media pembelajaran menggunakan aplikasi KineMaster ini
pada pembelajaran Bahasa Inggris sangat layak. Hasil validasi oleh ahli media
diperoleh persentase skor 93,33% dengan kriteria sangat layak, kemudian validasi
materi oleh ahli materi diperoleh persentase skor 93,84% dengan kriteria sangat
layak, dilakukan validasi kepraktisan oleh ahli praktikalitas diperoleh persentase
skor 100% dengan kriteria sangat praktis, pada uji coba lapangan dengan
melakukan tes hasil belajar diperoleh rata-rata keefektifan sebesar 88,6 dengan
kriteria efektif. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran menggunakan
aplikasi KineMaster pada pembelajaran Bahasa Inggris kelas V SDN 065853 Tegal
Sari Mandala II, Kec. Medan Denai, sangat layak, sangat praktis, dan efektif untuk
digunakan pada proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Pembelajaran; KineMaster; Bahasa Inggris
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 09 Jan 2025 04:34
Last Modified: 09 Jan 2025 04:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58963

Actions (login required)

View Item
View Item