Pengembangan E-LKPD Berbasis Inkuiri Berbantuan Articulate Storyline Tema 6 Subtema1 Pembelajaran 1 Kelas IV SD Negeri 018092 Lobu Rappa T.A 2022/2023.

SIMBOLON, MARIANA OLANDRI (2023) Pengembangan E-LKPD Berbasis Inkuiri Berbantuan Articulate Storyline Tema 6 Subtema1 Pembelajaran 1 Kelas IV SD Negeri 018092 Lobu Rappa T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1193311028_Cover.pdf] Text
1193311028_Cover.pdf

Download (16kB)
[thumbnail of 1193311028_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193311028_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of 1193311028_Abstrak.pdf] Text
1193311028_Abstrak.pdf

Download (232kB)
[thumbnail of 1193311028_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193311028_Kata_Pengantar.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of 1193311028_Daftar_Isi.pdf] Text
1193311028_Daftar_Isi.pdf

Download (12kB)
[thumbnail of 1193311028_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193311028_Daftar_Gambar.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of 1193311028_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193311028_Daftar_Tabel.pdf

Download (7kB)
[thumbnail of 1193311028_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193311028_Daftar_Lampiran.pdf

Download (6kB)
[thumbnail of 1193311028_BAB_I.pdf] Text
1193311028_BAB_I.pdf

Download (268kB)
[thumbnail of 1193311028_BAB_V.pdf] Text
1193311028_BAB_V.pdf

Download (10kB)
[thumbnail of 1193311028_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193311028_Daftar_Pustaka.pdf

Download (88kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-LKPD berbasis Inkuiri berbantuan
articulate storyline yang valid, praktis dan efektif dalam menunjang keberhasilan
pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and
Development) menggunakan model pengembagan ADDIE (Analysis, Design,
Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah peserta
didik kelas IV SDN 018092 Lobu Rappa dan objek penelitian ini adalah E-LKPD
berbasis inkuiri berbantuan articulate storyline. Hasil penelitian menunjukan
validasi oleh ahli materi tahap I sebelum revisi memperoleh persentase 68%
kategori “Layak dengan Revisi” kemudian pada tahap II memperoleh persentase
89,33% kategori “s\Sangat Layak tanpa Revisi” dan hasil validasi desain tahap I
memperoleh persentase 55% “Cukup Layak dengan Revisi” kemudian pada tahap
II memperoleh persentase 63,75% kategori “Sangat Layak dengan Revisi”
kemudian tahap III memperoleh persentase 86,25% kategori “Sangat Layak tanpa
Revisi”. Uji praktis oleh praktisi Pendidikan memperoleh persentase 96% kategori
“Sangat Praktis” dan hasil respon peserta didik pada uji coba lapangan pada uji
coba perorangan memperoleh hasil 93%, pada uji coba kelompok kecil
memperoleh persentase 97% dan uji coba kelompok besar atau lapangan
memperoleh hasil persentase 98%. Hasil uji efektivitas media melalui pretest
memperoleh rata-rata 33,33 dengan kriteria ketuntasan “Tidak Tuntas” sedangkan
pada posttest memperoleh rata-rata 88,13 dengan kriteria ketuntasan “Tuntas”.
Dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan merupakan sangat layak,
praktis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan; E-LKPD; Inkuiri; Articulate Storyline
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 09 Jan 2025 04:34
Last Modified: 09 Jan 2025 04:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58959

Actions (login required)

View Item
View Item