LUBIS, LISA ANGGIA (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Materi Pecahan Di SD Negeri 104204 Sambirejo Timur T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1191111002_Cover.pdf
Download (16kB)
1191111002_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (220kB)
1191111002_Abstrak.pdf
Download (88kB)
1191111002_Kata_Pengantar.pdf
Download (152kB)
1191111002_Daftar_Isi.pdf
Download (86kB)
1191111002_Daftar_Gambar.pdf
Download (189kB)
1191111002_Daftar_Tabel.pdf
Download (83kB)
1191111002_Daftar_Lampiran.pdf
Download (83kB)
1191111002_BAB_I.pdf
Download (105kB)
1191111002_BAB_V.pdf
Download (8kB)
1191111002_Daftar_Pustaka.pdf
Download (166kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
cooperative learning tipe jigsaw dan cooperative learning tipe prediction guide
dan untuk mengetahui adakah pengaruh yang lebih tinggi dari model
pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw dan cooperative learning tipe
prediction guide terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV materi pecahan
di SDN 104204 Sambirejo Timur T.A 2022/2023. Jenis penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan quasy eskperimental
design. Sampel penelitian penelitian sebanyak 47 siswa dengan 26 siswa dari
kelas IV A dan 21 siswa dari kelas IV B. Kelas IV A sebagai kelas eksperimen
menggunakan model pembelajaran coopertive learning tipe jigsaw dan kelas IV B
sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran cooperative
learning tipe prediction guide. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah
berupa tes. Nilai rata-rata pre-test pada kelas IV A adalah 67,42 dan nilai post-test
adalah 87,55 sedangkan, kelas IV B nilai rata-rata pre-test pada kelas IV A adalah
49,57 dan nilai post-test adalah 66,66. Ini menunjukkan ada perbedaan hasil
belajar siswa sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Dengan demikian
penggunaan mode pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw dan prediction
guide berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa. Berdasarkan hasil uji
t-test di atas, nilai Sig (2-tailed) diperoleh sebesar 0,000 < 0,05. Dapat
disimpulkan hasil belajar matematika siswa dengan model pembelajaran
cooperative learning tipe jigsaw lebih tinggi atau lebih unggul dari pada
menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe prediction guide
pada kelas IV SDN 104204 Sambirejo Timur T.A 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Cooperative Learning; Hasil Belajar; Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 04:33 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 04:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58956 |