Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 8 Subtema 1 Di Kelas V Sd Negeri 173206 Sibingke T.A 2022/2023.

SIANTURI, JULIWATI E (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 8 Subtema 1 Di Kelas V Sd Negeri 173206 Sibingke T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1192411015_Cover.pdf] Text
1192411015_Cover.pdf

Download (177kB)
[thumbnail of 1192411015_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1192411015_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1192411015_Abstrak.pdf] Text
1192411015_Abstrak.pdf

Download (345kB)
[thumbnail of 1192411015_Kata_Pengantar.pdf] Text
1192411015_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1192411015_Daftar_Isi.pdf] Text
1192411015_Daftar_Isi.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of 1192411015_Daftar_Gambar.pdf] Text
1192411015_Daftar_Gambar.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of 1192411015_Daftar_Tabel.pdf] Text
1192411015_Daftar_Tabel.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of 1192411015_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1192411015_Daftar_Lampiran.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of 1192411015_BAB_I.pdf] Text
1192411015_BAB_I.pdf

Download (460kB)
[thumbnail of 1192411015_BAB_V.pdf] Text
1192411015_BAB_V.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of 1192411015_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1192411015_Daftar_Pustaka.pdf

Download (345kB)

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh positif dari model
pembelajaran picture and picture terhadap hasil belajar siswa pada tema 8 subtema
1 di kelas v sd negeri 173206 sibingke. Penelitian yang digunakan merupakan
penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Sampel penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas V yang terdiri dari dua kelas. Alat pengumpul data
yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes objektif dengan
jumlah 20 soal yang telah diuji validasi dan reliabilitasnya. Teknik analisis data
yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada tema 8 subtema 1
meningkat, dengan model pembelajaran picture and picture yaitu rata pretest
sebesar 41,25 dan rata posttest sebesar 81. Berdasarkan prasyarat yang diujikan
terlebih dahulu yaitu data normal dan homogen. Hasil uji normalitas dan uji
homogenitas menunjukkan bahwa data yang dihasilkan berdistribusi normal dan
homogen. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t pada taraf α= 0,05 yaitu
Thitung > Ttabel atau 3,008>1,688 dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak
sehingga dapat disimpulkan bahwa: “terdapat pengaruh model pembelajara n
picture and picture terhadap hasil belajar siswa pada tema 8 subtema 1 kelas V SD
Negeri 173206 Sibingke T.A 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran; Picture And Picture; Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 09 Jan 2025 04:31
Last Modified: 09 Jan 2025 04:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58946

Actions (login required)

View Item
View Item