MANALU, JOSUA CHRISTIAN (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievment Divison (STAD) Terhadap Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Siswa di SD Negeri 060851. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1193111027_Cover.pdf
Download (253kB)
1193111027_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (511kB)
1193111027_Abstrak.pdf
Download (361kB)
1193111027_Kata_Pengantar.pdf
Download (206kB)
1193111027_Daftar_Isi.pdf
Download (249kB)
1193111027_Daftar_Gambar.pdf
Download (163kB)
1193111027_Daftar_Tabel.pdf
Download (167kB)
1193111027_Daftar_Lampiran.pdf
Download (170kB)
1193111027_BAB_I.pdf
Download (200kB)
1193111027_BAB_V.pdf
Download (181kB)
1193111027_Daftar_Pustaka.pdf
Download (185kB)
Abstract
Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetaui pengeruh model
pembelajaran Kooperatif tipe Student Team Achievment Divison (STAD) terhadap
meningkatkan kemampuan kerjasama siswa di SD Negeri 060851 Medan. Jenis
penelitian ini adalah pre–eksperimental dengan desain penelitian One Case Study
Research Design, populasi dan sampel menggunakan teknik purposive sampling
yaitu seluruh siswa kelas V SDN 060851 Medan yang berjumlah 33 orang siswa
dijadikan sampel dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini
menggunakan lembar observasi dan lembar angket (kuesioner) yang terdiri dari 4
pilihan jawaban skala likert. Berdasarkan hasil analisis pada data lembar observasi
Pra-penelitian menunjukkan nilai rata–rata sebesar 41,2 dan lembar angket
menunjukkan nilai rata–rata sebesar 78,2 dan jumlah nilai rata – rata dari dua
instrument tersebut sebesar 59,7 yang artinya termasuk kedalam kategori “kurang”
didalam kemampuan kerjasama siswa. Untuk itu dilakukan penelitian dengan
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievment Divison
(STAD), yang setelah dilakukan penerapan model tersebut memperoleh nilai rata–
rata pada lembar observasi sebesar 72,7 dan pada lembar angket menunjukkan nilai
rata–rata sebesar 86,3 dan jumlah nilai rata - rata kedua instrument tersebut sebesar
80 yang artinya masuk kedalam kategori “baik”. Maka peningkatan dari sebelum
diterapkan model pembelajaran koopratif tipe Student Team Achievment Divison
(STAD) adalah sebesar 35%. Serta analisis data dalam penelitian ini menggunakan,
uji hipotesis dan uji normalitas. Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa
adanya hubungan yang positif dan siginifikan antara model pembelajaran
kooperatif tipe STAD dan kemampuan kerjasama siswa di SDN 060851 Medan.
Oleh karena itu, hipotesis alternatif diterima maka pengaruh model pembelajaran
Kooperatif tipe Student Team Achievment Divison (STAD) terhadap meningkatkan
kemampuan kerjasama siswa di SD Negeri 060851 Medan diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif STAD; Kemampuan Kerjasama |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 04:30 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 04:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58943 |