Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Doratoon pada Pembelajaran Tematik di Kelas IV SDN 27 Teluk Panji Kab. Labuhanbatu Selatan IV T.A 2022/2023

HUSNA, ISNAWATI (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Doratoon pada Pembelajaran Tematik di Kelas IV SDN 27 Teluk Panji Kab. Labuhanbatu Selatan IV T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1193311060_Cover.pdf] Text
1193311060_Cover.pdf

Download (20kB)
[thumbnail of 1193311060_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193311060_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (309kB)
[thumbnail of 1193311060_Abstrak.pdf] Text
1193311060_Abstrak.pdf

Download (247kB)
[thumbnail of 1193311060_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193311060_Kata_Pengantar.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of 1193311060_Daftar_Isi.pdf] Text
1193311060_Daftar_Isi.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of 1193311060_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193311060_Daftar_Gambar.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of 1193311060_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193311060_Daftar_Tabel.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of 1193311060_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193311060_Daftar_Lampiran.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of 1193311060_BAB_I.pdf] Text
1193311060_BAB_I.pdf

Download (256kB)
[thumbnail of 1193311060_BAB_V.pdf] Text
1193311060_BAB_V.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of 1193311060_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193311060_Daftar_Pustaka.pdf

Download (154kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran video animasi berbasis Doratoon yang valid, praktis, dan efektif pada pembelajaran tematik di kelas IV SDN 27 Teluk Panji IV T.A 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari Analysis (Analisis), Design (Perencanaan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 27 Teluk Panji IV yang berjumlah 20 peserta didik dan 1 guru kelas IV SDN 27 Teluk Panji IV. Teknik analisi data pada penelitian ini yaitu data kualitatif diperoleh dari hasil wawancara, tanggapan dan saran dari validator materi, desain media, dan guru, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli desain media, guru, dan peserta didik kelas IV SDN 27 Teluk Panji IV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian kevalidan oleh ahli materi (dosen) memperoleh skor 53 (88,3%) dengan kriteria “Sangat Valid”, dan penilaian oleh ahli media (dosen) memperoleh skor 57(87,7%) dengan kriteria “Sangat Valid”. Selanjutnya penilaian kepraktisan oleh ahli praktisi (guru) kelas IV memperoleh skor 54 (90%) dengan kriteria “Sangat Praktis”, dan penilaian peserta didik kelas IV SDN 27 Teluk Panji IV memperoleh skor 180 (90%) dengan kriteria “Sangat Praktis”. Adapun hasil penilaian keefektifan oleh peserta didik kelas IV menunjukkan perubahan nilai siswa menjadi meningkat dibuktikan dengan hasil pre-test memperoleh 47,5% dan hasil post-test memperoleh nilai 86,7% . Berdasarkan keefektifan penggunaan media pembelajaran video animasi berbasis Doratoon yang menggunakan N-Gain mendapatkan kriteria “Efektif” dengan persentase 78%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Pembelajaran; Reserch and Development; Doratoon
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 09 Jan 2025 04:29
Last Modified: 09 Jan 2025 04:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58938

Actions (login required)

View Item
View Item