HUSNA, ISNAWATI (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Doratoon pada Pembelajaran Tematik di Kelas IV SDN 27 Teluk Panji Kab. Labuhanbatu Selatan IV T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1193311060_Cover.pdf
Download (20kB)
1193311060_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (309kB)
1193311060_Abstrak.pdf
Download (247kB)
1193311060_Kata_Pengantar.pdf
Download (183kB)
1193311060_Daftar_Isi.pdf
Download (114kB)
1193311060_Daftar_Gambar.pdf
Download (88kB)
1193311060_Daftar_Tabel.pdf
Download (97kB)
1193311060_Daftar_Lampiran.pdf
Download (92kB)
1193311060_BAB_I.pdf
Download (256kB)
1193311060_BAB_V.pdf
Download (171kB)
1193311060_Daftar_Pustaka.pdf
Download (154kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran video animasi berbasis Doratoon yang valid, praktis, dan efektif pada pembelajaran tematik di kelas IV SDN 27 Teluk Panji IV T.A 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari Analysis (Analisis), Design (Perencanaan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 27 Teluk Panji IV yang berjumlah 20 peserta didik dan 1 guru kelas IV SDN 27 Teluk Panji IV. Teknik analisi data pada penelitian ini yaitu data kualitatif diperoleh dari hasil wawancara, tanggapan dan saran dari validator materi, desain media, dan guru, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli desain media, guru, dan peserta didik kelas IV SDN 27 Teluk Panji IV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian kevalidan oleh ahli materi (dosen) memperoleh skor 53 (88,3%) dengan kriteria “Sangat Valid”, dan penilaian oleh ahli media (dosen) memperoleh skor 57(87,7%) dengan kriteria “Sangat Valid”. Selanjutnya penilaian kepraktisan oleh ahli praktisi (guru) kelas IV memperoleh skor 54 (90%) dengan kriteria “Sangat Praktis”, dan penilaian peserta didik kelas IV SDN 27 Teluk Panji IV memperoleh skor 180 (90%) dengan kriteria “Sangat Praktis”. Adapun hasil penilaian keefektifan oleh peserta didik kelas IV menunjukkan perubahan nilai siswa menjadi meningkat dibuktikan dengan hasil pre-test memperoleh 47,5% dan hasil post-test memperoleh nilai 86,7% . Berdasarkan keefektifan penggunaan media pembelajaran video animasi berbasis Doratoon yang menggunakan N-Gain mendapatkan kriteria “Efektif” dengan persentase 78%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran; Reserch and Development; Doratoon |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 04:29 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 04:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58938 |