SINURAT, IRENE IN GRACIA (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Berbantuan Media Puzzle Pada Pelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 107398 Sei Rotan T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1193311137_Cover.pdf
Download (132kB)
1193311137_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (799kB)
1193311137_Abstrak.pdf
Download (162kB)
1193311137_Kata_Pengantar.pdf
Download (132kB)
1193311137_Daftar_Isi.pdf
Download (339kB)
1193311137_Daftar_Gambar.pdf
Download (8kB)
1193311137_Daftar_Tabel.pdf
Download (11kB)
1193311137_Daftar_Lampiran.pdf
Download (235kB)
1193311137_BAB_I.pdf
Download (247kB)
1193311137_BAB_V.pdf
Download (160kB)
1193311137_Daftar_Pustaka.pdf
Download (235kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think
Talk Write berbantuan media puzzle terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran
IPAS materi cerita tentang daerahku di kelas IV SD Negeri 107398 Sei Rotan.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas IV SD Negeri 107398
Sei Rotan yang berjumlah 57 orang terdiri dari dua kelas yaitu kelas IV-A yang
berjumlah 28 siswa dan kelas IV-B yang berjumlah 29 siswa. Penelitian ini
menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian Non
Equivalent Control Group Desain. Desain ini dipilih karena kriteria subjek dalam
penelitian eksperimen ini menggunakan dua kelompok yaitu kelas IV-B sebagai
kelompok eksperimen dan kelas IV-A sebagai kelompok kontrol. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri atas tes, observasi, dan
dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara nilai
rata-rata siswa. Pada kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran
Think Talk Write berbantuan media puzzle diperoleh nilai rata-rata kelas
eksperimen 84,82 dan rata-rata kelas kontrol 75,71. Dapat juga dilihat dari
perolehan hasil uji hipotesis penelitian dengan uji-t dengan ketentuan nilai
posttest. Diketahui bahwa pada nilai sebesar 2,004 dan sebesar
3,4843 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran Think Talk Write
berbantuan media puzzle pada pelajaran IPAS materi cerita tentang daerahku
terhadap hasil belajar siswa di kelas IV SDN 107398 Sei Rotan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar; Think Talk Write |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 04:29 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 04:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58937 |