Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Berbantuan Media Puzzle Pada Pelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 107398 Sei Rotan T.A 2022/2023.

SINURAT, IRENE IN GRACIA (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Berbantuan Media Puzzle Pada Pelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 107398 Sei Rotan T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1193311137_Cover.pdf] Text
1193311137_Cover.pdf

Download (132kB)
[thumbnail of 1193311137_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193311137_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (799kB)
[thumbnail of 1193311137_Abstrak.pdf] Text
1193311137_Abstrak.pdf

Download (162kB)
[thumbnail of 1193311137_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193311137_Kata_Pengantar.pdf

Download (132kB)
[thumbnail of 1193311137_Daftar_Isi.pdf] Text
1193311137_Daftar_Isi.pdf

Download (339kB)
[thumbnail of 1193311137_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193311137_Daftar_Gambar.pdf

Download (8kB)
[thumbnail of 1193311137_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193311137_Daftar_Tabel.pdf

Download (11kB)
[thumbnail of 1193311137_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193311137_Daftar_Lampiran.pdf

Download (235kB)
[thumbnail of 1193311137_BAB_I.pdf] Text
1193311137_BAB_I.pdf

Download (247kB)
[thumbnail of 1193311137_BAB_V.pdf] Text
1193311137_BAB_V.pdf

Download (160kB)
[thumbnail of 1193311137_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193311137_Daftar_Pustaka.pdf

Download (235kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think
Talk Write berbantuan media puzzle terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran
IPAS materi cerita tentang daerahku di kelas IV SD Negeri 107398 Sei Rotan.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas IV SD Negeri 107398
Sei Rotan yang berjumlah 57 orang terdiri dari dua kelas yaitu kelas IV-A yang
berjumlah 28 siswa dan kelas IV-B yang berjumlah 29 siswa. Penelitian ini
menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian Non
Equivalent Control Group Desain. Desain ini dipilih karena kriteria subjek dalam
penelitian eksperimen ini menggunakan dua kelompok yaitu kelas IV-B sebagai
kelompok eksperimen dan kelas IV-A sebagai kelompok kontrol. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri atas tes, observasi, dan
dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara nilai
rata-rata siswa. Pada kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran
Think Talk Write berbantuan media puzzle diperoleh nilai rata-rata kelas
eksperimen 84,82 dan rata-rata kelas kontrol 75,71. Dapat juga dilihat dari
perolehan hasil uji hipotesis penelitian dengan uji-t dengan ketentuan nilai
posttest. Diketahui bahwa pada nilai sebesar 2,004 dan sebesar
3,4843 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran Think Talk Write
berbantuan media puzzle pada pelajaran IPAS materi cerita tentang daerahku
terhadap hasil belajar siswa di kelas IV SDN 107398 Sei Rotan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Hasil Belajar; Think Talk Write
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 09 Jan 2025 04:29
Last Modified: 09 Jan 2025 04:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58937

Actions (login required)

View Item
View Item