Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Smart Maze Game Pada Tema 9 Subtema 3 Kelas IV SD Negeri 0503 Parsombaan Kabupaten Padang Lawas T.A 2022/2023.

NASUTION, IKA DAMAYANTI (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Smart Maze Game Pada Tema 9 Subtema 3 Kelas IV SD Negeri 0503 Parsombaan Kabupaten Padang Lawas T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1193311016_Cover.pdf] Text
1193311016_Cover.pdf

Download (13kB)
[thumbnail of 1193311016_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193311016_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 1193311016_Abstrak.pdf] Text
1193311016_Abstrak.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of 1193311016_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193311016_Kata_Pengantar.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of 1193311016_Daftar_Isi.pdf] Text
1193311016_Daftar_Isi.pdf

Download (166kB)
[thumbnail of 1193311016_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193311016_Daftar_Gambar.pdf

Download (45kB)
[thumbnail of 1193311016_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193311016_Daftar_Tabel.pdf

Download (48kB)
[thumbnail of 1193311016_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193311016_Daftar_Lampiran.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 1193311016_BAB_I.pdf] Text
1193311016_BAB_I.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of 1193311016_BAB_V.pdf] Text
1193311016_BAB_V.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of 1193311016_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193311016_Daftar_Pustaka.pdf

Download (49kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Validitas, Praktikalitas dan Efektivitas
Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Smart Maze Game Pada Tema 9
Subtema 3 di kelas IV SD Negeri 0503 Parsombaan. Desain Penelitian ini yaitu
R&D (Research and Development) dengan menggunakan pengembangan model
ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development,
Implementation, Evaluation. Dalam penelitian produk yang dikembangkan yaitu
Media Pembelajaran berbasis Smart Maze Game. Subjek penelitian ini adalah
peserta didik kelas IV SD Negeri 0503 Parsombaan. Instrumen yang digunakan
dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, angket dan tes. Soal tes yang
digunakan yaitu pre-test dan post-test. Hasil pre-test mendapatkan nilai rata-rata
52,58 dengan kriteria “Kurang Cukup” dan nilai post-test mendapatkan nilai ratarata
88,08 (Baik Sekali) dari hasil tersebut terjadi peningkatan. Melalui perolehan
nilai post-test semua peserta didik melewati kriteria ketuntasan minimum (KKM).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase rata-rata diperoleh dari validasi
ahli materi sebesar 93% dengan presentase ”Sangat Layak”, validasi ahli media
sebesar 96% dengan presentase ”Sangat Praktis”. Hasil uji keefektifan media Smart
Maze Game menjadi 88,08% (Sangat Baik) dengan kriteria ketuntasan ”Tuntas”.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media Smart Maze Game pada tema 9
subtema 3 di kelas IV dapat digunakan dalam proses pembelajaran di SD.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Pembelajaran; Smart Maze Game
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 09 Jan 2025 04:28
Last Modified: 09 Jan 2025 04:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58933

Actions (login required)

View Item
View Item