Pengembangan Media Hand puppet untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Siswa Kelas III SD Negeri 014629 Pematang Sei Baru.

PURBA, HUMAIROH (2023) Pengembangan Media Hand puppet untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Siswa Kelas III SD Negeri 014629 Pematang Sei Baru. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1193311062_Cover.pdf] Text
1193311062_Cover.pdf

Download (354kB)
[thumbnail of 1193311062_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193311062_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1193311062_Abstrak.pdf] Text
1193311062_Abstrak.pdf

Download (612kB)
[thumbnail of 1193311062_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193311062_Kata_Pengantar.pdf

Download (347kB)
[thumbnail of 1193311062_Daftar_Isi.pdf] Text
1193311062_Daftar_Isi.pdf

Download (328kB)
[thumbnail of 1193311062_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193311062_Daftar_Gambar.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of 1193311062_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193311062_Daftar_Tabel.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of 1193311062_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193311062_Daftar_Lampiran.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of 1193311062_BAB_I.pdf] Text
1193311062_BAB_I.pdf

Download (350kB)
[thumbnail of 1193311062_BAB_V.pdf] Text
1193311062_BAB_V.pdf

Download (333kB)
[thumbnail of 1193311062_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193311062_Daftar_Pustaka.pdf

Download (336kB)

Abstract

Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan media Hand Puppet yang
valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas
III SD Negeri 014629 Pematang Sei Baru T.A. Penelitian ini merupakan penelitian
pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada model
pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis, Design,
Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian ini ialah siswa
kelas III SD Negeri 014629 Pematang Sei Baru yang terdiri dari 29 siswa, 12 lakilaki
dan 17 Perempuan. Sedangkan Subjek penelitian pengembangan media Hand
Puppet yaitu validasi angket, ahli konten (isi), ahli desain dan validasi soal/tes, uji
coba praktikalitas, dan uji coba efektivitas. Objek penelitian yang digunakan ialah
“media pembelajaran hand puppet”. Instrumen penelitian yang digunakan dalam
pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan angket instrumen penilaian
kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
produk media yang telah dikembangkan dinilai layak untuk digunakan dalam
kegiatan pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari persentase hasil penilaian validasi
ahli desain media mendapatkan skor 91% masuk kriteria penilaian “Sangat Layak”.
Kemudia persentase hasil penilaian validasi ahli konten (isi) media mendapatkan
skor 93% masuk kriteria penilaian “Sangat Layak”. Hasil uji coba lapangan angket
respon guru mendapatkan skor 93% yang masuk ke dalam kriteria “Sangat Praktis”.
Sedangkan hasil uji coba lapangan angket respon siswa mendapatkan skor 91%
yang masuk kedalam kriteria “Sangat Praktis”. Berdasarkan hasil dari nilai pre-test
siswa memperoleh nilai rata-rata 48 dan nilai post-test siswa diperoleh nilai ratarata
81. Dapat diperoleh nilai pre-test dan nilai post-test dengan menggunakan
rumus N-gain menunjukkan peningkatan pemahaman siswa setelah pembelajaran
dilakukan sebesar “0,67” dengan kategori “sedang”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan; Media Hand Puppet; Keterampilan Menyimak
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 09 Jan 2025 04:28
Last Modified: 09 Jan 2025 04:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58932

Actions (login required)

View Item
View Item