PURBA, HUMAIROH (2023) Pengembangan Media Hand puppet untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Siswa Kelas III SD Negeri 014629 Pematang Sei Baru. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1193311062_Cover.pdf
Download (354kB)
1193311062_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
1193311062_Abstrak.pdf
Download (612kB)
1193311062_Kata_Pengantar.pdf
Download (347kB)
1193311062_Daftar_Isi.pdf
Download (328kB)
1193311062_Daftar_Gambar.pdf
Download (213kB)
1193311062_Daftar_Tabel.pdf
Download (215kB)
1193311062_Daftar_Lampiran.pdf
Download (214kB)
1193311062_BAB_I.pdf
Download (350kB)
1193311062_BAB_V.pdf
Download (333kB)
1193311062_Daftar_Pustaka.pdf
Download (336kB)
Abstract
Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan media Hand Puppet yang
valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas
III SD Negeri 014629 Pematang Sei Baru T.A. Penelitian ini merupakan penelitian
pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada model
pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis, Design,
Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian ini ialah siswa
kelas III SD Negeri 014629 Pematang Sei Baru yang terdiri dari 29 siswa, 12 lakilaki
dan 17 Perempuan. Sedangkan Subjek penelitian pengembangan media Hand
Puppet yaitu validasi angket, ahli konten (isi), ahli desain dan validasi soal/tes, uji
coba praktikalitas, dan uji coba efektivitas. Objek penelitian yang digunakan ialah
“media pembelajaran hand puppet”. Instrumen penelitian yang digunakan dalam
pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan angket instrumen penilaian
kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
produk media yang telah dikembangkan dinilai layak untuk digunakan dalam
kegiatan pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari persentase hasil penilaian validasi
ahli desain media mendapatkan skor 91% masuk kriteria penilaian “Sangat Layak”.
Kemudia persentase hasil penilaian validasi ahli konten (isi) media mendapatkan
skor 93% masuk kriteria penilaian “Sangat Layak”. Hasil uji coba lapangan angket
respon guru mendapatkan skor 93% yang masuk ke dalam kriteria “Sangat Praktis”.
Sedangkan hasil uji coba lapangan angket respon siswa mendapatkan skor 91%
yang masuk kedalam kriteria “Sangat Praktis”. Berdasarkan hasil dari nilai pre-test
siswa memperoleh nilai rata-rata 48 dan nilai post-test siswa diperoleh nilai ratarata
81. Dapat diperoleh nilai pre-test dan nilai post-test dengan menggunakan
rumus N-gain menunjukkan peningkatan pemahaman siswa setelah pembelajaran
dilakukan sebesar “0,67” dengan kategori “sedang”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan; Media Hand Puppet; Keterampilan Menyimak |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 04:28 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 04:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58932 |