Pengaruh Penerapan Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Muatan IPA Kelas IV SD Negeri 091497 Pematang Tanah Jawa

SIANTURI, HELGA SARINA (2023) Pengaruh Penerapan Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Muatan IPA Kelas IV SD Negeri 091497 Pematang Tanah Jawa. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1193311095_Cover.pdf] Text
1193311095_Cover.pdf

Download (21kB)
[thumbnail of 1193311095_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193311095_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (243kB)
[thumbnail of 1193311095_Abstrak.pdf] Text
1193311095_Abstrak.pdf

Download (15kB)
[thumbnail of 1193311095_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193311095_Kata_Pengantar.pdf

Download (48kB)
[thumbnail of 1193311095_Daftar_Isi.pdf] Text
1193311095_Daftar_Isi.pdf

Download (16kB)
[thumbnail of 1193311095_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193311095_Daftar_Gambar.pdf

Download (10kB)
[thumbnail of 1193311095_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193311095_Daftar_Tabel.pdf

Download (11kB)
[thumbnail of 1193311095_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193311095_Daftar_Lampiran.pdf

Download (11kB)
[thumbnail of 1193311095_BAB_I.pdf] Text
1193311095_BAB_I.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of 1193311095_BAB_V.pdf] Text
1193311095_BAB_V.pdf

Download (13kB)
[thumbnail of 1193311095_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193311095_Daftar_Pustaka.pdf

Download (18kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa dengan
menerapkan ice breaking pada siswa kelas IV SD Negeri 091497 Pematang Tanah
Jawa. Metode penelitian yangdigunakan adalah eksperimen dengan pendekatan
kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest
Desain. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV yang berjumlah 17 orang.
Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ada tiga yaitu observasi,
angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa
penerapan ice breaking dapat meningkatkan motivasi belajar secara signifikan
dengan hasil pretest mendapatkan rata-rata 50, dan kemudian diberikan perlakuan
penerapan ice breaking maka posttest mendapatkan rata-rata 72,5. Berdasarkan
hasil uji hipotesis diperoleh hasil Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka H0
ditolak dan H1 diterima. Maka diperoleh kesimpulan bahwa dengan menerapkan
ice breaking terjadi peningkatan motivasi belajar siswa pada tema 7 subtema 1
muatan IPA materi macam-macam gaya pada kelas IV SD Negeri 091497
Pematang Tanah Jawa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: ice breaking; motivasi belajar; ilmu pengetahuan alam (IPA).
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 09 Jan 2025 04:28
Last Modified: 09 Jan 2025 04:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58931

Actions (login required)

View Item
View Item