Analisis Kedisiplinan Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Kelas V SD Negeri 091679 Bosar Maligas T.A 2022/2023.

RITONGA, FRAM (2023) Analisis Kedisiplinan Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Kelas V SD Negeri 091679 Bosar Maligas T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1193311102_Cover.pdf] Text
1193311102_Cover.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of 1193311102_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193311102_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (305kB)
[thumbnail of 1193311102_Abstrak.pdf] Text
1193311102_Abstrak.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 1193311102_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193311102_Kata_Pengantar.pdf

Download (290kB)
[thumbnail of 1193311102_Daftar_Isi.pdf] Text
1193311102_Daftar_Isi.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of 1193311102_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193311102_Daftar_Gambar.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1193311102_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193311102_Daftar_Tabel.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of 1193311102_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193311102_Daftar_Lampiran.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1193311102_BAB_I.pdf] Text
1193311102_BAB_I.pdf

Download (288kB)
[thumbnail of 1193311102_BAB_V.pdf] Text
1193311102_BAB_V.pdf

Download (232kB)
[thumbnail of 1193311102_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193311102_Daftar_Pustaka.pdf

Download (209kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan siswa terhadap
hasil belajar pada kelas V SD Negeri 091679 Bosar Maligas T.A 2022/2023. Jenis
penelitian ini menggunakan Metode Ex Post Facto yang digunakan dalam
penelitian ini adalah penelitian kuantitatiff, penelitian dimana variabel idependen
telah terjadi ketika peneliti mulai dengan dependen dalam penelitian. Lokasi
penelitian dilakukan di SD Negeri 091679 Bosar Maligas, Kecamatan Bosar
Maligas, Kabupaten Simalungun pada semester genap T.A 2022/2023. Populasi
adalah jumlah siswa di kelas V yang berjumlah 27 siswa dan teknik penarikan
sampel yang digunakan adalah total sampling sehingga sama dengan jumlah
populasi.Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner angket, Wawancara,
dan Dokumentasi. Untuk uji instrument menggunakan uji validitas dan reliabilitas
angket serta uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan linearitas,
hipotesis, regresi sederhana, analisis korelasi dan koefisien determinan
menggunakan SPSS 22 For Windows Berdasarkan hasil perhitungan
menggunakan SPSS 22 keputusan Nilai signifikansi 0,003 ≤ 0,05 maka dapat
disimpulkan variabel kedisiplinan (X) berpengaruh terhadap hasil belajar (Y) dan
Ho ditolak dan diperoleh t hitung 3,333 ≥ t tabel 2,059 maka dapat disimpulkan
variabel kedisiplinan (X) berpengaruh dan mengalami peningkatan terhadap hasil
belajar (Y) dan Ho ditolak dan diperoleh korelasi sebesar 0,555 dikategorikan
memiliki hubungan yang sedang serta kontribusi kedisiplinan terhadap hasil
belajar sebesar 0,308 atau 30,8%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kedisiplinan; Hasil Belajar; Ex Post Facto
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 09 Jan 2025 04:27
Last Modified: 09 Jan 2025 04:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58928

Actions (login required)

View Item
View Item