RITONGA, FRAM (2023) Analisis Kedisiplinan Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Kelas V SD Negeri 091679 Bosar Maligas T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1193311102_Cover.pdf
Download (120kB)
1193311102_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (305kB)
1193311102_Abstrak.pdf
Download (211kB)
1193311102_Kata_Pengantar.pdf
Download (290kB)
1193311102_Daftar_Isi.pdf
Download (233kB)
1193311102_Daftar_Gambar.pdf
Download (110kB)
1193311102_Daftar_Tabel.pdf
Download (175kB)
1193311102_Daftar_Lampiran.pdf
Download (110kB)
1193311102_BAB_I.pdf
Download (288kB)
1193311102_BAB_V.pdf
Download (232kB)
1193311102_Daftar_Pustaka.pdf
Download (209kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan siswa terhadap
hasil belajar pada kelas V SD Negeri 091679 Bosar Maligas T.A 2022/2023. Jenis
penelitian ini menggunakan Metode Ex Post Facto yang digunakan dalam
penelitian ini adalah penelitian kuantitatiff, penelitian dimana variabel idependen
telah terjadi ketika peneliti mulai dengan dependen dalam penelitian. Lokasi
penelitian dilakukan di SD Negeri 091679 Bosar Maligas, Kecamatan Bosar
Maligas, Kabupaten Simalungun pada semester genap T.A 2022/2023. Populasi
adalah jumlah siswa di kelas V yang berjumlah 27 siswa dan teknik penarikan
sampel yang digunakan adalah total sampling sehingga sama dengan jumlah
populasi.Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner angket, Wawancara,
dan Dokumentasi. Untuk uji instrument menggunakan uji validitas dan reliabilitas
angket serta uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan linearitas,
hipotesis, regresi sederhana, analisis korelasi dan koefisien determinan
menggunakan SPSS 22 For Windows Berdasarkan hasil perhitungan
menggunakan SPSS 22 keputusan Nilai signifikansi 0,003 ≤ 0,05 maka dapat
disimpulkan variabel kedisiplinan (X) berpengaruh terhadap hasil belajar (Y) dan
Ho ditolak dan diperoleh t hitung 3,333 ≥ t tabel 2,059 maka dapat disimpulkan
variabel kedisiplinan (X) berpengaruh dan mengalami peningkatan terhadap hasil
belajar (Y) dan Ho ditolak dan diperoleh korelasi sebesar 0,555 dikategorikan
memiliki hubungan yang sedang serta kontribusi kedisiplinan terhadap hasil
belajar sebesar 0,308 atau 30,8%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kedisiplinan; Hasil Belajar; Ex Post Facto |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 04:27 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 04:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58928 |