Pengembangan Media Pembelajaran Diorama 3 Dimensi Pada Tema 7 Subtema 1 Kelas IV di MIN 1 Kota Medan.

LUBIS, FITRI AMALIA (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Diorama 3 Dimensi Pada Tema 7 Subtema 1 Kelas IV di MIN 1 Kota Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1193111063_Cover.pdf] Text
1193111063_Cover.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of 1193111063_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193111063_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (677kB)
[thumbnail of 1193111063_Abstrak.pdf] Text
1193111063_Abstrak.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of 1193111063_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193111063_Kata_Pengantar.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of 1193111063_Daftar_Isi.pdf] Text
1193111063_Daftar_Isi.pdf

Download (177kB)
[thumbnail of 1193111063_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193111063_Daftar_Gambar.pdf

Download (58kB)
[thumbnail of 1193111063_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193111063_Daftar_Tabel.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of 1193111063_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193111063_Daftar_Lampiran.pdf

Download (40kB)
[thumbnail of 1193111063_BAB_I.pdf] Text
1193111063_BAB_I.pdf

Download (309kB)
[thumbnail of 1193111063_BAB_V.pdf] Text
1193111063_BAB_V.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of 1193111063_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193111063_Daftar_Pustaka.pdf

Download (338kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan bermula dari permasalahan yang dialami pada
pembelajaran di kelas IV Madinah 3 terkhusus pada pemanfaatan media
pembelajaran yang kurang kreatif dan variatif, mengakibatkan peserta didik sulit
memahami materi pembelajaran bersifat abstrak dan selama pembelajaran peserta
didik kurang aktif. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan untuk menguji
kelayakan, kepraktisan dan keefektifan media media diorama 3 dimensi. Manfaat
teoritis yang diproleh dari penelitian ini media dapat dijadikan sebagai bahan kajian
lebih lanjut peneliti dan akademis dibidang pendidikan. Manfaat praktis media
diorama 3 dimensi bagi guru sebagai penunjang pembelajaran, bagi peserta didik
dapat mempengaruhi keaktifan belajar dan mengembangkan daya pikir untuk
menyerap materi pembelajaran, dan bagi peneliti menambah wawasan dan
pengetahuan untuk pengembangan media diorama 3 dimensi. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian R&D (Research and Development) dengan model
penelitian 4D yang terdi dari Define, Design, Develop, dan Disseminate. Media
pembelajaran yang dikembangkan melalui validasi dari validator angket, validator
materi, validator media, validator instrumen tes, dan praktisi Pendidikan. Hasil
penelitian kelayakan media diorama 3 dimensi ini menunjukkan media “Sangat
Layak” dengan rincian perolehan rata-rata pesentase angket sejumlah 94% dengan
kategori “Sangat Layak”. Validasi materi memperoleh total 92% kategori “Sangat
Layak”. Validasi media memperoleh total 96% kategori “Sangat Layak”. Validasi
instrumen tes memperoleh 94% dengan kategori “Sangat Layak”. Kepraktisan media
oleh guru kelas IV Madinah 3 sebesar 96% kategori “Sangat Praktis”. Efektivitas
media diperoleh dari uji post-test sebesar 86% kategori “Sangat Efektif”.
Kesimpulannya media diorama 3 dimensi sangat layak digunakan untuk
meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV Madinah 3 MIN 1 Kota Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan; Media Diorama 3 Dimensi; Pembelajaran Tematik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 09 Jan 2025 04:27
Last Modified: 09 Jan 2025 04:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58926

Actions (login required)

View Item
View Item