LUBIS, FITRI AMALIA (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Diorama 3 Dimensi Pada Tema 7 Subtema 1 Kelas IV di MIN 1 Kota Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1193111063_Cover.pdf
Download (191kB)
1193111063_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (677kB)
1193111063_Abstrak.pdf
Download (140kB)
1193111063_Kata_Pengantar.pdf
Download (200kB)
1193111063_Daftar_Isi.pdf
Download (177kB)
1193111063_Daftar_Gambar.pdf
Download (58kB)
1193111063_Daftar_Tabel.pdf
Download (91kB)
1193111063_Daftar_Lampiran.pdf
Download (40kB)
1193111063_BAB_I.pdf
Download (309kB)
1193111063_BAB_V.pdf
Download (146kB)
1193111063_Daftar_Pustaka.pdf
Download (338kB)
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan bermula dari permasalahan yang dialami pada
pembelajaran di kelas IV Madinah 3 terkhusus pada pemanfaatan media
pembelajaran yang kurang kreatif dan variatif, mengakibatkan peserta didik sulit
memahami materi pembelajaran bersifat abstrak dan selama pembelajaran peserta
didik kurang aktif. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan untuk menguji
kelayakan, kepraktisan dan keefektifan media media diorama 3 dimensi. Manfaat
teoritis yang diproleh dari penelitian ini media dapat dijadikan sebagai bahan kajian
lebih lanjut peneliti dan akademis dibidang pendidikan. Manfaat praktis media
diorama 3 dimensi bagi guru sebagai penunjang pembelajaran, bagi peserta didik
dapat mempengaruhi keaktifan belajar dan mengembangkan daya pikir untuk
menyerap materi pembelajaran, dan bagi peneliti menambah wawasan dan
pengetahuan untuk pengembangan media diorama 3 dimensi. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian R&D (Research and Development) dengan model
penelitian 4D yang terdi dari Define, Design, Develop, dan Disseminate. Media
pembelajaran yang dikembangkan melalui validasi dari validator angket, validator
materi, validator media, validator instrumen tes, dan praktisi Pendidikan. Hasil
penelitian kelayakan media diorama 3 dimensi ini menunjukkan media “Sangat
Layak” dengan rincian perolehan rata-rata pesentase angket sejumlah 94% dengan
kategori “Sangat Layak”. Validasi materi memperoleh total 92% kategori “Sangat
Layak”. Validasi media memperoleh total 96% kategori “Sangat Layak”. Validasi
instrumen tes memperoleh 94% dengan kategori “Sangat Layak”. Kepraktisan media
oleh guru kelas IV Madinah 3 sebesar 96% kategori “Sangat Praktis”. Efektivitas
media diperoleh dari uji post-test sebesar 86% kategori “Sangat Efektif”.
Kesimpulannya media diorama 3 dimensi sangat layak digunakan untuk
meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV Madinah 3 MIN 1 Kota Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan; Media Diorama 3 Dimensi; Pembelajaran Tematik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 04:27 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 04:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58926 |