MATONDANG, FATIMAH ZAHRA (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis PowerPoint Berbantuan Hyperlink Pada Tema 5 di Kelas II SDN 066052 Kec. Medan Denai T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1192411040_Cover.pdf
Download (47kB)
1192411040_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
1192411040_Abstrak.pdf
Download (128kB)
1192411040_Kata_Pengantar.pdf
Download (560kB)
1192411040_Daftar_Isi.pdf
Download (89kB)
1192411040_Daftar_Gambar.pdf
Download (84kB)
1192411040_Daftar_Tabel.pdf
Download (114kB)
1192411040_Daftar_Lampiran.pdf
Download (86kB)
1192411040_BAB_I.pdf
Download (372kB)
1192411040_BAB_V.pdf
Download (154kB)
1192411040_Daftar_Pustaka.pdf
Download (155kB)
Abstract
Masalah penelitian ini adalah jarangnya guru menggunakan media pembelajaran di kelas. Hal ini menyebabkan pembelajaran menjadi monoton dan membosankan, akibatnya hasil belajar siswa tergolong rendah. Untuk itu, dibutuhkan media pembelajaran yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas, yaitu dengan menggunakan media PowerPoint berbantuan hyperlink. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui validitas kelayakan, praktikalitas dan efektivitas dari media pembelajaran berbasis PowerPoint berbantuan hyperlink pada Tema 5 di kelas II SDN 066052 Kec. Medan Denai. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE dengan subjek penelitian sebanyak 22 orang siswa kelas II SDN 066052. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara, angket dan tes. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, media pembelajaran berbasis PowerPoint berbantuan hyperlink mendapat skor persentase kelayakan media oleh ahli media pada tahap I sebesar 84,7% dan pada tahap II sebesar 86% dengan kategori “Sangat Layak”. Selain itu, penilaian oleh ahli materi pada tahap I sebesar 76% dan pada tahap II sebesar 86,7% dengan kategori “Sangat Layak”. Adapun praktikalitas media yang dinilai oleh guru mendapat skor sebesar 95,2% dengan kategori “Sangat Praktis”. Uji efektivitas media menunjukkan peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa, dilihat dari nilai rata-rata pre-test yaitu 63,1% dan pada saat post-test meningkat menjadi 93,4%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka media pembelajaran berbasis PowerPoint berbasis hyperlink pada Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 2 di Kelas II SDN 066052 Kec. Medan Denai T.A 2022/2023 sudah sangat layak, sangat praktis dan sangat efektif digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran; PowerPoint; Hyperlink; Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 04:26 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 04:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58924 |