Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis PowerPoint Berbantuan Hyperlink Pada Tema 5 di Kelas II SDN 066052 Kec. Medan Denai T.A 2022/2023

MATONDANG, FATIMAH ZAHRA (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis PowerPoint Berbantuan Hyperlink Pada Tema 5 di Kelas II SDN 066052 Kec. Medan Denai T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1192411040_Cover.pdf] Text
1192411040_Cover.pdf

Download (47kB)
[thumbnail of 1192411040_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1192411040_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1192411040_Abstrak.pdf] Text
1192411040_Abstrak.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of 1192411040_Kata_Pengantar.pdf] Text
1192411040_Kata_Pengantar.pdf

Download (560kB)
[thumbnail of 1192411040_Daftar_Isi.pdf] Text
1192411040_Daftar_Isi.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of 1192411040_Daftar_Gambar.pdf] Text
1192411040_Daftar_Gambar.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of 1192411040_Daftar_Tabel.pdf] Text
1192411040_Daftar_Tabel.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of 1192411040_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1192411040_Daftar_Lampiran.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 1192411040_BAB_I.pdf] Text
1192411040_BAB_I.pdf

Download (372kB)
[thumbnail of 1192411040_BAB_V.pdf] Text
1192411040_BAB_V.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of 1192411040_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1192411040_Daftar_Pustaka.pdf

Download (155kB)

Abstract

Masalah penelitian ini adalah jarangnya guru menggunakan media pembelajaran di kelas. Hal ini menyebabkan pembelajaran menjadi monoton dan membosankan, akibatnya hasil belajar siswa tergolong rendah. Untuk itu, dibutuhkan media pembelajaran yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas, yaitu dengan menggunakan media PowerPoint berbantuan hyperlink. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui validitas kelayakan, praktikalitas dan efektivitas dari media pembelajaran berbasis PowerPoint berbantuan hyperlink pada Tema 5 di kelas II SDN 066052 Kec. Medan Denai. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE dengan subjek penelitian sebanyak 22 orang siswa kelas II SDN 066052. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara, angket dan tes. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, media pembelajaran berbasis PowerPoint berbantuan hyperlink mendapat skor persentase kelayakan media oleh ahli media pada tahap I sebesar 84,7% dan pada tahap II sebesar 86% dengan kategori “Sangat Layak”. Selain itu, penilaian oleh ahli materi pada tahap I sebesar 76% dan pada tahap II sebesar 86,7% dengan kategori “Sangat Layak”. Adapun praktikalitas media yang dinilai oleh guru mendapat skor sebesar 95,2% dengan kategori “Sangat Praktis”. Uji efektivitas media menunjukkan peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa, dilihat dari nilai rata-rata pre-test yaitu 63,1% dan pada saat post-test meningkat menjadi 93,4%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka media pembelajaran berbasis PowerPoint berbasis hyperlink pada Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 2 di Kelas II SDN 066052 Kec. Medan Denai T.A 2022/2023 sudah sangat layak, sangat praktis dan sangat efektif digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Pembelajaran; PowerPoint; Hyperlink; Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 09 Jan 2025 04:26
Last Modified: 09 Jan 2025 04:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58924

Actions (login required)

View Item
View Item