Sembiring, Siska Watyna Br (2016) EFEK PROCESS-ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH DAN PEMAHAMAN KONSEP AWAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS FISIKA SISWA SMA NEGERI 1 KUALA LANGKAT TP. 2015/2016. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8146175035 COVER.pdf - Published Version
Download (22kB) | Preview
2. NIM 8146175035 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
3. NIM 8146175035 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
4. NIM 8146175035 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
5. NIM 8146175035 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
6. NIM 8146175035 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
7. NIM 8146175035 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
8. NIM 8146175035 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
9. NIM 8146175035 BAB I.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
13. NIM 8146175035 BAB V.pdf - Published Version
Download (28kB) | Preview
14. NIM 8146175035 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: membandingkan kemampuan berpikir kritis (KBK) fisika siswa yang dibelajarkan dengan POGIL menggunakan macromedia flash dengan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional, membandingkan KBK fisika pada kelompok siswa yang memiliki pemahaman konsep awal di atas rata-rata dengan kelompok siswa yang memiliki pemahaman konsep awal di bawah rata-rata, mengetahui interaksi antara POGIL menggunakan macromedia flash dan pemahaman konsep awal dalam meningkatkan KBK fisika.
Penelitian kuasi eksperimen ini menggunakan pretes-posttest control group design. Sampel dalam penelitian adalah kelas XI IPA2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA3 sebagai kelas kontrol dipilih secara sample random sampling. Instrumen yang digunakan tes KBK dan pemahaman konsep awal berbentuk uraian. Data penelitian dianalisis menggunakan anava dua jalur.
Hasil penelitian menunjukkan: KBK fisika yang dibelajarkan menggunakan POGIL menggunakan macromedia flash lebih baik dibandingkan yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional, KBK fisika pada kelompok siswa yang memiliki pemahaman konsep awal di atas rata-rata lebih baik dibandingkan dengan kelompok siswa yang memiliki pemahaman konsep awal di bawah rata-rata, terdapat interaksi antara POGIL menggunakan macromedia flash dengan pemahaman konsep awal terhadap KBK fisika. POGIL dan pemahaman konsep awal saling mempengaruhi untuk meningkatkan KBK fisika.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 2 Sem e |
Keywords: | Macromedia flash; Berpikir kritis; Fisika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 20 Jun 2016 08:13 |
Last Modified: | 20 Jun 2016 08:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5892 |