HUTAPEA, ELVA MARTAULINA (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Booklet Berbasis Aplikasi Canva Pada Tema 7 Subtema 1 Kelas V SD Negeri 173108 Banuarea T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri medan.
1193111072_Cover.pdf
Download (177kB)
1193111072_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
1193111072_Abstrak.pdf
Download (204kB)
1193111072_Kata_Pengantar.pdf
Download (392kB)
1193111072_Daftar_Isi.pdf
Download (203kB)
1193111072_Daftar_Gambar.pdf
Download (131kB)
1193111072_Daftar_Tabel.pdf
Download (105kB)
1193111072_Daftar_Lampiran.pdf
Download (131kB)
1193111072_BAB_I.pdf
Download (393kB)
1193111072_BAB_V.pdf
Download (190kB)
1193111072_Daftar_Pustaka.pdf
Download (159kB)
Abstract
Penelitian ini berfokus untuk menganalisis bagaimana validitas pengembangan
media pembelajaran, mengetahui efektivitas dan praktikalitas pengembangan
media pembelajaran booklet berbasis aplikasi canva pada tema 7 subtema 1
pembelajaran 1 kelas V SD Negeri 173108 Banuarea T.A 2022/2023. Masalah
yang terdapat dalam penelitian ini adalah media pembelajaran yang digunakan
dalam proses pembelajaran masih media konvensional, kurangnya pengembangan
media pembelajarna yang memanfaatkan teknologi, siswa kesulitan dalam
memahami materi pembelajaran, serta pembelajaran masih berpusat pada guru
sehingga siswa kurang berperan aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini
merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) menggunakan
model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation,
Evaluation). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V dan objek
penelitian ini adalah media pembelajaran booklet berbasis aplikasi canva. Hasil
validasi materi oleh ahli materi memperoleh persentase 91% kategori “Sangat
Layak” dan validasi media oleh ahli media pada tahap I sebelum revisi
memperoleh persentase 68% dengan kategori “Layak” kemudian pada tahap II
validasi media memperoleh persentase 88% kategori “Sangat Layak”. Uji
praktikalitas oleh praktisi pendidikan memperoleh persentase 93% dengan
kategori “Sangat Praktis”. Hasil uji efektivitas media melalui pretest memperoleh
rata-rata 47,9 dengan persentase ketuntasan 24% kategori “Tidak Efektif”
sedangkan pada posttest memperoleh rata-rata 84,4 dengan persentase ketuntasan
100% kategori “Sangat Efektif”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahwa
produk yang dikembangkan sudah sangat layak, praktis, dan efektif untuk
digunakan dalam pembelajaran di Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan; Media Pembelajaran; Booklet; Materi Tema 7 Subtema 1 |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 04:24 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 04:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58913 |