Pengembangan Media Pembelajaran Booklet Berbasis Aplikasi Canva Pada Tema 7 Subtema 1 Kelas V SD Negeri 173108 Banuarea T.A 2022/2023.

HUTAPEA, ELVA MARTAULINA (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Booklet Berbasis Aplikasi Canva Pada Tema 7 Subtema 1 Kelas V SD Negeri 173108 Banuarea T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri medan.

[thumbnail of 1193111072_Cover.pdf] Text
1193111072_Cover.pdf

Download (177kB)
[thumbnail of 1193111072_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193111072_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1193111072_Abstrak.pdf] Text
1193111072_Abstrak.pdf

Download (204kB)
[thumbnail of 1193111072_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193111072_Kata_Pengantar.pdf

Download (392kB)
[thumbnail of 1193111072_Daftar_Isi.pdf] Text
1193111072_Daftar_Isi.pdf

Download (203kB)
[thumbnail of 1193111072_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193111072_Daftar_Gambar.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of 1193111072_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193111072_Daftar_Tabel.pdf

Download (105kB)
[thumbnail of 1193111072_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193111072_Daftar_Lampiran.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of 1193111072_BAB_I.pdf] Text
1193111072_BAB_I.pdf

Download (393kB)
[thumbnail of 1193111072_BAB_V.pdf] Text
1193111072_BAB_V.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of 1193111072_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193111072_Daftar_Pustaka.pdf

Download (159kB)

Abstract

Penelitian ini berfokus untuk menganalisis bagaimana validitas pengembangan
media pembelajaran, mengetahui efektivitas dan praktikalitas pengembangan
media pembelajaran booklet berbasis aplikasi canva pada tema 7 subtema 1
pembelajaran 1 kelas V SD Negeri 173108 Banuarea T.A 2022/2023. Masalah
yang terdapat dalam penelitian ini adalah media pembelajaran yang digunakan
dalam proses pembelajaran masih media konvensional, kurangnya pengembangan
media pembelajarna yang memanfaatkan teknologi, siswa kesulitan dalam
memahami materi pembelajaran, serta pembelajaran masih berpusat pada guru
sehingga siswa kurang berperan aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini
merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) menggunakan
model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation,
Evaluation). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V dan objek
penelitian ini adalah media pembelajaran booklet berbasis aplikasi canva. Hasil
validasi materi oleh ahli materi memperoleh persentase 91% kategori “Sangat
Layak” dan validasi media oleh ahli media pada tahap I sebelum revisi
memperoleh persentase 68% dengan kategori “Layak” kemudian pada tahap II
validasi media memperoleh persentase 88% kategori “Sangat Layak”. Uji
praktikalitas oleh praktisi pendidikan memperoleh persentase 93% dengan
kategori “Sangat Praktis”. Hasil uji efektivitas media melalui pretest memperoleh
rata-rata 47,9 dengan persentase ketuntasan 24% kategori “Tidak Efektif”
sedangkan pada posttest memperoleh rata-rata 84,4 dengan persentase ketuntasan
100% kategori “Sangat Efektif”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahwa
produk yang dikembangkan sudah sangat layak, praktis, dan efektif untuk
digunakan dalam pembelajaran di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan; Media Pembelajaran; Booklet; Materi Tema 7 Subtema 1
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 09 Jan 2025 04:24
Last Modified: 09 Jan 2025 04:24
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58913

Actions (login required)

View Item
View Item