Pengembangan Media Spinning Wheel Of Question Pada Tema 7 Subtema 2 Kelas V Di MIN 1 Medan T.A. 2022/2023.

HARAHAP, ELSA FEBRINA (2023) Pengembangan Media Spinning Wheel Of Question Pada Tema 7 Subtema 2 Kelas V Di MIN 1 Medan T.A. 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1193111089_Cover.pdf] Text
1193111089_Cover.pdf

Download (185kB)
[thumbnail of 1193111089_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193111089_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (466kB)
[thumbnail of 1193111089_Abstrak.pdf] Text
1193111089_Abstrak.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 1193111089_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193111089_Kata_Pengantar.pdf

Download (268kB)
[thumbnail of 1193111089_Daftar_Isi.pdf] Text
1193111089_Daftar_Isi.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of 1193111089_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193111089_Daftar_Gambar.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 1193111089_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193111089_Daftar_Tabel.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of 1193111089_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193111089_Daftar_Lampiran.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of 1193111089_BAB_I.pdf] Text
1193111089_BAB_I.pdf

Download (472kB)
[thumbnail of 1193111089_BAB_V.pdf] Text
1193111089_BAB_V.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of 1193111089_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193111089_Daftar_Pustaka.pdf

Download (290kB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan oleh peneliti di MIN 1 Medan menemukan beberapa permasalahan
yaitu: 1) Siswa merasa kesulitan dalam memahami materi pembelajaran yang hanya
bersumber dari buku pelajaran, 2) Minimnya penggunaan media Pembelajaran membuat
siswa mudah jenuh dan kurang antusias mengikuti pembelajaran di dalam kelas, 3) Siswa
cenderung asik melakukan aktivitas lain saat guru menerangkan, 4) Kurangnya variasi media
pembelajaran di kelas, sehingga hasil belajar siswa rendah, 5) Pembelajaran yang monoton
membuat siswa mudah dan kurang aktif saat proses belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk menghasilkan media pembelajaran spinning wheel of question yang valid, praktis, dan
efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas V MIN 1 Medan pada tema 7
subtema 2 Pembelajaran 3. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah R &
D (Research and Development) yang menggunakan model pengembangan 4-D Thiagarajan.
Langkah-langkah penelitian dan pengembangan ini adalah Define (Pendefenisian), Design
(Perancangan), Development (Pengembangan), Dessiminite (Penyebaran). Subjek uji coba
terdiri dari ahli materi, ahli media, guru kelas V Madinah 3 dan 29 siswa kelas V Madinah 3
untuk uji coba lapangan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi,
wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah
teknik analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil pengembangan media
spinning wheel of question menunjukkan bahwa validasi materi media pembelajaran
spinning wheel of question dinyatakan sangat valid pada validasi tahap II (90 %) dan hasil
validasi media dinyatakan sangat valid pada validasi tahap I (91,6%), validasi ahli praktisi
pendidikan dinyatakan sangat praktis (92%). Adapun hasil uji efektivitas berdasarkan hasil
niali pre-test dan post-test menggunakan rumus N-Gain maka diperoleh nilai dengan
persentase 73% dan dikategorikan “Efektif”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
media pembelajaran spinning wheel of question in dapat meningkatkan hasil belajar siswa
kelas V Madinah 3 di MIN 1 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan; Media Pembelajaran; Spinning Wheel Of Question; Pembelajaran Tematik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 09 Jan 2025 04:23
Last Modified: 09 Jan 2025 04:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58912

Actions (login required)

View Item
View Item