HARAHAP, ELSA FEBRINA (2023) Pengembangan Media Spinning Wheel Of Question Pada Tema 7 Subtema 2 Kelas V Di MIN 1 Medan T.A. 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1193111089_Cover.pdf
Download (185kB)
1193111089_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (466kB)
1193111089_Abstrak.pdf
Download (212kB)
1193111089_Kata_Pengantar.pdf
Download (268kB)
1193111089_Daftar_Isi.pdf
Download (187kB)
1193111089_Daftar_Gambar.pdf
Download (33kB)
1193111089_Daftar_Tabel.pdf
Download (32kB)
1193111089_Daftar_Lampiran.pdf
Download (32kB)
1193111089_BAB_I.pdf
Download (472kB)
1193111089_BAB_V.pdf
Download (182kB)
1193111089_Daftar_Pustaka.pdf
Download (290kB)
Abstract
Penelitian yang dilakukan oleh peneliti di MIN 1 Medan menemukan beberapa permasalahan
yaitu: 1) Siswa merasa kesulitan dalam memahami materi pembelajaran yang hanya
bersumber dari buku pelajaran, 2) Minimnya penggunaan media Pembelajaran membuat
siswa mudah jenuh dan kurang antusias mengikuti pembelajaran di dalam kelas, 3) Siswa
cenderung asik melakukan aktivitas lain saat guru menerangkan, 4) Kurangnya variasi media
pembelajaran di kelas, sehingga hasil belajar siswa rendah, 5) Pembelajaran yang monoton
membuat siswa mudah dan kurang aktif saat proses belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk menghasilkan media pembelajaran spinning wheel of question yang valid, praktis, dan
efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas V MIN 1 Medan pada tema 7
subtema 2 Pembelajaran 3. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah R &
D (Research and Development) yang menggunakan model pengembangan 4-D Thiagarajan.
Langkah-langkah penelitian dan pengembangan ini adalah Define (Pendefenisian), Design
(Perancangan), Development (Pengembangan), Dessiminite (Penyebaran). Subjek uji coba
terdiri dari ahli materi, ahli media, guru kelas V Madinah 3 dan 29 siswa kelas V Madinah 3
untuk uji coba lapangan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi,
wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah
teknik analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil pengembangan media
spinning wheel of question menunjukkan bahwa validasi materi media pembelajaran
spinning wheel of question dinyatakan sangat valid pada validasi tahap II (90 %) dan hasil
validasi media dinyatakan sangat valid pada validasi tahap I (91,6%), validasi ahli praktisi
pendidikan dinyatakan sangat praktis (92%). Adapun hasil uji efektivitas berdasarkan hasil
niali pre-test dan post-test menggunakan rumus N-Gain maka diperoleh nilai dengan
persentase 73% dan dikategorikan “Efektif”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
media pembelajaran spinning wheel of question in dapat meningkatkan hasil belajar siswa
kelas V Madinah 3 di MIN 1 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan; Media Pembelajaran; Spinning Wheel Of Question; Pembelajaran Tematik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 04:23 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 04:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58912 |