BR SINAGA, EFI RASMASARI (2023) Pengembangan Media Audio Visual Berbantuan Canva Pada Tema 7 Subtema 2 Kelas IV SDN 060857 Tembung T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
![[thumbnail of 1193111091_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193111091_Cover.pdf
Download (323kB)
![[thumbnail of 1193111091_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193111091_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (585kB)
![[thumbnail of 1193111091_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193111091_Abstrak.pdf
Download (122kB)
![[thumbnail of 1193111091_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193111091_Kata_Pengantar.pdf
Download (179kB)
![[thumbnail of 1193111091_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193111091_Daftar_Isi.pdf
Download (95kB)
![[thumbnail of 1193111091_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193111091_Daftar_Gambar.pdf
Download (57kB)
![[thumbnail of 1193111091_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193111091_Daftar_Tabel.pdf
Download (39kB)
![[thumbnail of 1193111091_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193111091_Daftar_Lampiran.pdf
Download (59kB)
![[thumbnail of 1193111091_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193111091_BAB_I.pdf
Download (636kB)
![[thumbnail of 1193111091_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193111091_BAB_V.pdf
Download (455kB)
![[thumbnail of 1193111091_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193111091_Daftar_Pustaka.pdf
Download (509kB)
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan bermula dari permasalahan yang dialami pada pembelajaran di kelas IV SDN 060857 Tembung, terkhusunya pada pemanfaatan media dalam proses pembelajaran yang kurang kreatif dan variatif, mengakibatkan peserta didik sulit memahami materi pembelajaran dan selama pembelajaran peserta didik kurang aktif. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan untuk menguji kelayakan, kepraktisan, dan keefektian media audio visual berbantaun canva. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari analisis (Analysis), desain (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Media pembelajaran yang dikembangkan melalui validasi dari validator angket, validator materi, validator media, dan praktisi pendidikan. Hasil Penelitian kelayakan media audio visual berbantaun canva ini menunjukkan media “Sangat Layak” dengan rincian perolehan rata-rata persentase angket sejumlah presentase 94% yang masuk kategori “sangat layak”. Validasi materi memperoleh skor 53 dengan presentase 88% yang masuk kategori “sangat layak”. Validasi media memperoleh skor 37 dengan presentase 82% yang masuk kategori “sangat layak”. Kepraktisan media oleh guru kelas IV SDN 060857 Tembung sebesar 97% yang masuk kategori “sangat praktis”. Efektivitas media diperoleh dari uji post-test sebesar 81% kategori “sangat efektif’.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan; audio visual; canva |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education M Music and Books on Music > M Music |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 04:23 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 04:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58910 |