Pengembangan Media Audio Visual Berbantuan Canva Pada Tema 7 Subtema 2 Kelas IV SDN 060857 Tembung T.A 2022/2023.

BR SINAGA, EFI RASMASARI (2023) Pengembangan Media Audio Visual Berbantuan Canva Pada Tema 7 Subtema 2 Kelas IV SDN 060857 Tembung T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1193111091_Cover.pdf] Text
1193111091_Cover.pdf

Download (323kB)
[thumbnail of 1193111091_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193111091_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (585kB)
[thumbnail of 1193111091_Abstrak.pdf] Text
1193111091_Abstrak.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of 1193111091_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193111091_Kata_Pengantar.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of 1193111091_Daftar_Isi.pdf] Text
1193111091_Daftar_Isi.pdf

Download (95kB)
[thumbnail of 1193111091_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193111091_Daftar_Gambar.pdf

Download (57kB)
[thumbnail of 1193111091_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193111091_Daftar_Tabel.pdf

Download (39kB)
[thumbnail of 1193111091_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193111091_Daftar_Lampiran.pdf

Download (59kB)
[thumbnail of 1193111091_BAB_I.pdf] Text
1193111091_BAB_I.pdf

Download (636kB)
[thumbnail of 1193111091_BAB_V.pdf] Text
1193111091_BAB_V.pdf

Download (455kB)
[thumbnail of 1193111091_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193111091_Daftar_Pustaka.pdf

Download (509kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan bermula dari permasalahan yang dialami pada pembelajaran di kelas IV SDN 060857 Tembung, terkhusunya pada pemanfaatan media dalam proses pembelajaran yang kurang kreatif dan variatif, mengakibatkan peserta didik sulit memahami materi pembelajaran dan selama pembelajaran peserta didik kurang aktif. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan untuk menguji kelayakan, kepraktisan, dan keefektian media audio visual berbantaun canva. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari analisis (Analysis), desain (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Media pembelajaran yang dikembangkan melalui validasi dari validator angket, validator materi, validator media, dan praktisi pendidikan. Hasil Penelitian kelayakan media audio visual berbantaun canva ini menunjukkan media “Sangat Layak” dengan rincian perolehan rata-rata persentase angket sejumlah presentase 94% yang masuk kategori “sangat layak”. Validasi materi memperoleh skor 53 dengan presentase 88% yang masuk kategori “sangat layak”. Validasi media memperoleh skor 37 dengan presentase 82% yang masuk kategori “sangat layak”. Kepraktisan media oleh guru kelas IV SDN 060857 Tembung sebesar 97% yang masuk kategori “sangat praktis”. Efektivitas media diperoleh dari uji post-test sebesar 81% kategori “sangat efektif’.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan; audio visual; canva
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 09 Jan 2025 04:23
Last Modified: 09 Jan 2025 04:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58910

Actions (login required)

View Item
View Item