Pengembangan Bahan Ajar Tema Etika Bergaul dalam Bimbingan dan Konseling pada Siswa Kelas X Mia 3 SMA Negeri 10 Medan Tahun Ajaran 2022/2023

BR TARIGAN, EBI ALONTA (2023) Pengembangan Bahan Ajar Tema Etika Bergaul dalam Bimbingan dan Konseling pada Siswa Kelas X Mia 3 SMA Negeri 10 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1193151016_Cover.pdf] Text
1193151016_Cover.pdf

Download (43kB)
[thumbnail of 1193151016_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193151016_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (251kB)
[thumbnail of 1193151016_Abstrak.pdf] Text
1193151016_Abstrak.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 1193151016_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193151016_Kata_Pengantar.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of 1193151016_Daftar_Isi.pdf] Text
1193151016_Daftar_Isi.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of 1193151016_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193151016_Daftar_Gambar.pdf

Download (31kB)
[thumbnail of 1193151016_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193151016_Daftar_Tabel.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of 1193151016_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193151016_Daftar_Lampiran.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of 1193151016_BAB_I.pdf] Text
1193151016_BAB_I.pdf

Download (322kB)
[thumbnail of 1193151016_BAB_V.pdf] Text
1193151016_BAB_V.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of 1193151016_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193151016_Daftar_Pustaka.pdf

Download (221kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan sebuah produk
berupa bahan ajar yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan
adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model
4-D (Define, Design, Development, Dissemination). Subjek dalam penelitian ini
adalah ahli bahasa, ahli desain grafis, ahli materi, guru bimbingan konseling, dan
peserta didik kelas X Mia 3 SMA Negeri 10 Medan yang berjumlah 30 orang.
Objek dalam penelitian ini adalah bahan ajar tema etika bergaul. Instrumen yang
digunakan dalam mengumpulkan data yaitu angket wawancara guru bimbingan
konseling, angket validasi bahasa, angket validasi desain grafis, angket materi,
angket kepraktisan dan angket keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:
(1) Kevalidan bahan ajar tema etika bergaul berdasarkan penilaian ahli bahasa,
ahli desain grafis, dan ahli bahasa memperoleh persentase rata-rata sebesar 89,2%,
94,4%, dan 91,5% dengan kategori sangat valid. (2) Kepraktisan bahan ajar tema
etika bergaul berdasarkan hasil penilaian guru bimbingan konseling memperoleh
persentase rata-rata 100% dan tergolong sangat praktis. (3) Keefektifan bahan ajar
tema etika bergaul berdasarkan hasil penilaian guru bimbingan konseling
memperoleh persentase rata-rata 96,6% dengan kategori sangat efektif.
Berdasarkan hasil penelitian pengembangan bahan ajar etika bergaul dapat
dikatakan valid, praktis, dan efektif digunakan untuk layanan bimbingan dan
konseling.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Bahan Ajar; Etika Bergaul; Bimbingan Konseling; 4D
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 09 Jan 2025 04:22
Last Modified: 09 Jan 2025 04:22
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58909

Actions (login required)

View Item
View Item