Pengembangan Media Mini Book Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Kemampuan Bercerita pada Subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas IV SDN 040492 Batukarang.

APULINA, DWY GITA (2023) Pengembangan Media Mini Book Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Kemampuan Bercerita pada Subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas IV SDN 040492 Batukarang. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1193111080_Cover.pdf] Text
1193111080_Cover.pdf

Download (772kB)
[thumbnail of 1193111080_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193111080_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (693kB)
[thumbnail of 1193111080_Abstrak.pdf] Text
1193111080_Abstrak.pdf

Download (440kB)
[thumbnail of 1193111080_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193111080_Kata_Pengantar.pdf

Download (299kB)
[thumbnail of 1193111080_Daftar_Isi.pdf] Text
1193111080_Daftar_Isi.pdf

Download (362kB)
[thumbnail of 1193111080_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193111080_Daftar_Gambar.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 1193111080_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193111080_Daftar_Tabel.pdf

Download (162kB)
[thumbnail of 1193111080_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193111080_Daftar_Lampiran.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of 1193111080_BAB_I.pdf] Text
1193111080_BAB_I.pdf

Download (499kB)
[thumbnail of 1193111080_BAB_V.pdf] Text
1193111080_BAB_V.pdf

Download (242kB)
[thumbnail of 1193111080_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193111080_Daftar_Pustaka.pdf

Download (482kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan Mini Book berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan kemampuan bercerita peserta didik pada Tema 8 Subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku kelas IV SDN 040492 Batukarang. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analisis (Analysis), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation) dan Evaluasi (Evaluation). Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh validasi oleh ahli media memperoleh 87,3% dengan kategori Sangat Layak, validasi oleh ahli materi memperoleh 80% dengan kategori Layak, uji praktikalisasi oleh ahli praktisi pendidikan memperoleh 92% dengan kategori “Sangat Praktis”, respon peserta didik memperoleh 91,9% dengan kategori “Sangat Praktis”. Tes kemampuan bercerita peserta didik dengan nilai rata-rata pre-test 31,06 dan nilai rata-rata post-test 83,92%. Dari hasil berikut terjadi peningkatan sebesar 52,85% dan diperoleh persentase keefektifan sebesar 83,92% dengan kategori “Sangat Efektif”. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media Mini Book berbasis kearifan lokal layak, praktis, dan efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan bercerita peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Mini Book; Kearifan Lokal; Pengembangan.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 09 Jan 2025 04:22
Last Modified: 09 Jan 2025 04:22
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58908

Actions (login required)

View Item
View Item