ANNIS, DWI YULI (2023) Pengembangan Buku Panduan Olahraga Berbasis Flip PDF Corporate Edition Pada Materi Sepak Bola Kelas V SDN 106163 Bandar Klippa T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1193111104_Cover.pdf
Download (44kB)
1193111104_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (463kB)
1193111104_Abstrak.pdf
Download (382kB)
1193111104_Kata_Pengantar.pdf
Download (419kB)
1193111104_Daftar_Isi.pdf
Download (468kB)
1193111104_Daftar_Gambar.pdf
Download (237kB)
1193111104_Daftar_Tabel.pdf
Download (378kB)
1193111104_BAB_I.pdf
Download (566kB)
1193111104_BAB_V.pdf
Download (432kB)
1193111104_Daftar_Pustaka.pdf
Download (435kB)
Abstract
Adapun masalah dalam penelitian ini adalah ketersediaan sumber belajar dalam
pembelajaran PJOK yang masih terbatas. Pembelajaran hanya menggunakan buku
paket pemerintah sebagai sumber belajar serta mengandalkan informasi yang
diberikan oleh Guru dalam proses pembelajaran baik didalam kelas maupun diluar
kelas. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengetahui
kelayakan, kepraktisan, dan efektifitas penggunaan Pengembangan Buku Panduan
Olahraga Berbasis Flip PDF Corporate Edition Kelas V SDN 106163 Bandar
Klippa T.A 2022/2023. Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan dengan
menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu
Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Dengan subjek
penelitian adalah peserta didik kelas V SDN 106163 Bandar Klippa. Hasil dari
penelitian dan pengembangan ini adalah bahan ajar yang layak, praktis, dan
efektif digunakan dalam pembelajaran. Hal in sesuai dengan hasil validasi oleh
seluruh validator dan uji coba terhadap bahan ajar yang dikembangkan. Hasil
akhir oleh ahli materi adalah 95,2% dalam kategori “Sangat Layak”, hasil akhir
oleh ahli bahan ajar adalah 84% termasuk dalam kategori “Sangat Layak”, dan
hasil akhir validasi oleh praktisi pendidikan adalah 84,8 termasuk kategori
“Sangat layak”. Selanjutnya pada uji praktikalitas, rata-rata nilai yang diperoleh
peserta didik adalah 93% dan termasuk kategori “Sangat Praktis” dan perolehan
hasil akhir oleh guru adalah 88% dan termasuk kategori “Sangat Praktis”.
Kemudian pada hasil pretes dan postes diperoleh peningkatan hasil belajar peserta
didik dengan keseluruhan peserta didik mencapai KKM. Serta hasil uji efektifitas
N-Gain memperoleh skor 72,2 dengan kategori “Cukup Efektif”. Sehingga produk
yang dikembangkan layak, praktis, dan efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan; Bahan Ajar; Buku Panduan; Hypermedia; Flip PDF Corporate Edition. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 04:22 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 04:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58907 |