Pengembangan Media Pembelajaran BDA ( Board Daily Activities) Menggunakan Model Problem Based Learning Tema 7 Subtema 1 PB 5 Kelas 4 SD Negeri 104188 Medan Krio.

PUTRI, DWI CAHYANI (2023) Pengembangan Media Pembelajaran BDA ( Board Daily Activities) Menggunakan Model Problem Based Learning Tema 7 Subtema 1 PB 5 Kelas 4 SD Negeri 104188 Medan Krio. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1193311041_Cover.pdf] Text
1193311041_Cover.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of 1193311041_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193311041_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (433kB)
[thumbnail of 1193311041_Abstrak.pdf] Text
1193311041_Abstrak.pdf

Download (68kB)
[thumbnail of 1193311041_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193311041_Kata_Pengantar.pdf

Download (636kB)
[thumbnail of 1193311041_Daftar_Isi.pdf] Text
1193311041_Daftar_Isi.pdf

Download (519kB)
[thumbnail of 1193311041_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193311041_Daftar_Gambar.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 1193311041_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193311041_Daftar_Tabel.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of 1193311041_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193311041_Daftar_Lampiran.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of 1193311041_BAB_I.pdf] Text
1193311041_BAB_I.pdf

Download (549kB)
[thumbnail of 1193311041_BAB_V.pdf] Text
1193311041_BAB_V.pdf

Download (226kB)
[thumbnail of 1193311041_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193311041_Daftar_Pustaka.pdf

Download (297kB)

Abstract

Penelitian ini ditalar belakangi berdasarkan masalah yaitu, penggunaan media pembelajaran kurang efektif, masih berupa gambar yang diprint saja sehingga peserta didik merasa bosan pada saat proses pembelajaran berlangsung. Pengembangan Media Pembelajaran BDA (Board Daily Activities)merupakan salah satu perangkat pembelajaran yang menunjang ketercapaian tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Validitas, Efektivitas, dan Praktikalitas dari Media Pembelajaran BDA (Board Daily Activities) menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV-A SD Negeri 104188 Medan Krio. Penelitian ini menggunakan metode Research & Development dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 langkah yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Teknik penggumpulan data yaitu observasi, wawancara, Angket, dokumentasi dan test. Teknik analisis data yaitu teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Teknik penggumpulan data yaitu observasi, wawancara, skala, dan test. Teknik analisis data yaitu teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk Media Pembelajaran BDA (Board Daily Activities) menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning Pada Tema 7 Subtema 1 PB 5 Kelas IV-A SD Negeri 104188 Medan Krio. Hasil analisis menandakan bahwa Media Produk ini telah divalidasi oleh ahliMedia, dan materi media memperoleh hasil persentase93% dan 89,2% dengan kategori layak digunakan untuk uji coba. Hasil kepraktisan mendapatkan persentase dengan kategori sangat praktis sebesar 94% dan keefektifan mendapatkan beberapa hasil yaitu ketuntasan hasil hasil tes diperoleh 93% dengan kualifikasi sangat efektif. Dengan demikian, Media Pembelajaran BDA (Board Daily Activities) menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning Pada Tema 7 Subtema 1 PB 5 yangdihasilkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif digunakan sebagai perangkat pembelajaran serta mampu melatihkan keterampilan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Pembelajaran; BDA (Board Daily Activities); Model ADDIE.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 09 Jan 2025 04:22
Last Modified: 09 Jan 2025 04:22
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58906

Actions (login required)

View Item
View Item