PUTRI, DWI CAHYANI (2023) Pengembangan Media Pembelajaran BDA ( Board Daily Activities) Menggunakan Model Problem Based Learning Tema 7 Subtema 1 PB 5 Kelas 4 SD Negeri 104188 Medan Krio. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1193311041_Cover.pdf
Download (127kB)
1193311041_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (433kB)
1193311041_Abstrak.pdf
Download (68kB)
1193311041_Kata_Pengantar.pdf
Download (636kB)
1193311041_Daftar_Isi.pdf
Download (519kB)
1193311041_Daftar_Gambar.pdf
Download (212kB)
1193311041_Daftar_Tabel.pdf
Download (171kB)
1193311041_Daftar_Lampiran.pdf
Download (35kB)
1193311041_BAB_I.pdf
Download (549kB)
1193311041_BAB_V.pdf
Download (226kB)
1193311041_Daftar_Pustaka.pdf
Download (297kB)
Abstract
Penelitian ini ditalar belakangi berdasarkan masalah yaitu, penggunaan media pembelajaran kurang efektif, masih berupa gambar yang diprint saja sehingga peserta didik merasa bosan pada saat proses pembelajaran berlangsung. Pengembangan Media Pembelajaran BDA (Board Daily Activities)merupakan salah satu perangkat pembelajaran yang menunjang ketercapaian tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Validitas, Efektivitas, dan Praktikalitas dari Media Pembelajaran BDA (Board Daily Activities) menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV-A SD Negeri 104188 Medan Krio. Penelitian ini menggunakan metode Research & Development dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 langkah yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Teknik penggumpulan data yaitu observasi, wawancara, Angket, dokumentasi dan test. Teknik analisis data yaitu teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Teknik penggumpulan data yaitu observasi, wawancara, skala, dan test. Teknik analisis data yaitu teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk Media Pembelajaran BDA (Board Daily Activities) menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning Pada Tema 7 Subtema 1 PB 5 Kelas IV-A SD Negeri 104188 Medan Krio. Hasil analisis menandakan bahwa Media Produk ini telah divalidasi oleh ahliMedia, dan materi media memperoleh hasil persentase93% dan 89,2% dengan kategori layak digunakan untuk uji coba. Hasil kepraktisan mendapatkan persentase dengan kategori sangat praktis sebesar 94% dan keefektifan mendapatkan beberapa hasil yaitu ketuntasan hasil hasil tes diperoleh 93% dengan kualifikasi sangat efektif. Dengan demikian, Media Pembelajaran BDA (Board Daily Activities) menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning Pada Tema 7 Subtema 1 PB 5 yangdihasilkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif digunakan sebagai perangkat pembelajaran serta mampu melatihkan keterampilan berpikir kritis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran; BDA (Board Daily Activities); Model ADDIE. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 04:22 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 04:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58906 |