Pengaruh Model Kooperatif Learning Tipe Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 106810 Sampali T.A. 2022/2023.

SIDABALOK, DINI HAQSARI (2023) Pengaruh Model Kooperatif Learning Tipe Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 106810 Sampali T.A. 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1192411029_Cover.pdf] Text
1192411029_Cover.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of 1192411029_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1192411029_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (854kB)
[thumbnail of 1192411029_Abstrak.pdf] Text
1192411029_Abstrak.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of 1192411029_Kata_Pengantar.pdf] Text
1192411029_Kata_Pengantar.pdf

Download (217kB)
[thumbnail of 1192411029_Daftar_Isi.pdf] Text
1192411029_Daftar_Isi.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of 1192411029_Daftar_Gambar.pdf] Text
1192411029_Daftar_Gambar.pdf

Download (78kB)
[thumbnail of 1192411029_Daftar_Tabel.pdf] Text
1192411029_Daftar_Tabel.pdf

Download (82kB)
[thumbnail of 1192411029_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1192411029_Daftar_Lampiran.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of 1192411029_BAB_I.pdf] Text
1192411029_BAB_I.pdf

Download (365kB)
[thumbnail of 1192411029_BAB_V.pdf] Text
1192411029_BAB_V.pdf

Download (106kB)
[thumbnail of 1192411029_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1192411029_Daftar_Pustaka.pdf

Download (282kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Kooperatif Learning
Tipe Talking Stick untuk meningkatkan hasil belajar pada pelajaran Matematika di
kelas V SD Negeri 106810 Sampali T.A. 2022/2023. Penelitian ini merupakan
penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen research dengan
desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 106810 Sampali T.A. 2022/2023 yang
berjumlah 42 siswa dengan sampelnya adalah kelas V-A sebagai kelas eksperimen
yang berjumlah 20 siswa dan kelas V-B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 22
siswa. Instrumen pengumpulan data yang dilakukan berbentuk soal pilihan
berganda. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan uji Independent
Sample T-Test dengan berbantuan program SPSS versi 20. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa sebelum melakukan pembelajaran nilai rata-rata pretest kelas
eksperimen adalah 37,25 sedangkan nilai rata-rata pretest kelas kontrol adalah
38,18. Setelah dilaksanakan pembelajaran pada kelas eksperimen menggunakan
model kooperatif learning tipe talking stick memperoleh nilai rata-rata posttest
sebesar 82,50 dengan kategori baik. Sedangkan pada kelas kontrol dengan model
pembelajaran langsung memperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 65,23 dengan
kategori kurang. Pada pengujian Independent Sample T-Test menunjukkan bahwa
Sig.(2-tailed) < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 dengan demikian Ha diterima dan H0
ditolak. Sehhingga dapat disimpulkan bahwa: “Terdapat pengaruh yang positif dan
signifikan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model
kooperatif learning tipe talking stick pada pokok bahasan sifat-sifat bangun ruang
kelas V di SD Negeri 106810 Sampali T.A 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Talking Stick; Hasil Belajar; Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 09 Jan 2025 04:21
Last Modified: 09 Jan 2025 04:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58902

Actions (login required)

View Item
View Item