SIDABALOK, DINI HAQSARI (2023) Pengaruh Model Kooperatif Learning Tipe Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 106810 Sampali T.A. 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1192411029_Cover.pdf
Download (156kB)
1192411029_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (854kB)
1192411029_Abstrak.pdf
Download (174kB)
1192411029_Kata_Pengantar.pdf
Download (217kB)
1192411029_Daftar_Isi.pdf
Download (190kB)
1192411029_Daftar_Gambar.pdf
Download (78kB)
1192411029_Daftar_Tabel.pdf
Download (82kB)
1192411029_Daftar_Lampiran.pdf
Download (79kB)
1192411029_BAB_I.pdf
Download (365kB)
1192411029_BAB_V.pdf
Download (106kB)
1192411029_Daftar_Pustaka.pdf
Download (282kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Kooperatif Learning
Tipe Talking Stick untuk meningkatkan hasil belajar pada pelajaran Matematika di
kelas V SD Negeri 106810 Sampali T.A. 2022/2023. Penelitian ini merupakan
penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen research dengan
desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 106810 Sampali T.A. 2022/2023 yang
berjumlah 42 siswa dengan sampelnya adalah kelas V-A sebagai kelas eksperimen
yang berjumlah 20 siswa dan kelas V-B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 22
siswa. Instrumen pengumpulan data yang dilakukan berbentuk soal pilihan
berganda. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan uji Independent
Sample T-Test dengan berbantuan program SPSS versi 20. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa sebelum melakukan pembelajaran nilai rata-rata pretest kelas
eksperimen adalah 37,25 sedangkan nilai rata-rata pretest kelas kontrol adalah
38,18. Setelah dilaksanakan pembelajaran pada kelas eksperimen menggunakan
model kooperatif learning tipe talking stick memperoleh nilai rata-rata posttest
sebesar 82,50 dengan kategori baik. Sedangkan pada kelas kontrol dengan model
pembelajaran langsung memperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 65,23 dengan
kategori kurang. Pada pengujian Independent Sample T-Test menunjukkan bahwa
Sig.(2-tailed) < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 dengan demikian Ha diterima dan H0
ditolak. Sehhingga dapat disimpulkan bahwa: “Terdapat pengaruh yang positif dan
signifikan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model
kooperatif learning tipe talking stick pada pokok bahasan sifat-sifat bangun ruang
kelas V di SD Negeri 106810 Sampali T.A 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Talking Stick; Hasil Belajar; Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 04:21 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 04:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58902 |