Pengembangan Media Sparcol Videoscribe Dengan Pendekatan TPACK Pada Tema 5 Subtema 1 Kelas III SDN 106161 Laut Dendang Tahun Ajaran 2022/2023.

HARDININGSIH, DINDA PUJI (2023) Pengembangan Media Sparcol Videoscribe Dengan Pendekatan TPACK Pada Tema 5 Subtema 1 Kelas III SDN 106161 Laut Dendang Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1193311143_Cover.pdf] Text
1193311143_Cover.pdf

Download (270kB)
[thumbnail of 1193311143_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193311143_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1193311143_Abstrak.pdf] Text
1193311143_Abstrak.pdf

Download (345kB)
[thumbnail of 1193311143_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193311143_Kata_Pengantar.pdf

Download (380kB)
[thumbnail of 1193311143_Daftar_Isi.pdf] Text
1193311143_Daftar_Isi.pdf

Download (262kB)
[thumbnail of 1193311143_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193311143_Daftar_Gambar.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of 1193311143_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193311143_Daftar_Tabel.pdf

Download (230kB)
[thumbnail of 1193311143_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193311143_Daftar_Lampiran.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of 1193311143_BAB_I.pdf] Text
1193311143_BAB_I.pdf

Download (638kB)
[thumbnail of 1193311143_BAB_V.pdf] Text
1193311143_BAB_V.pdf

Download (343kB)
[thumbnail of 1193311143_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193311143_Daftar_Pustaka.pdf

Download (228kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan, praktikalitas, dan efektifitas dari media Sparcol Videoscribe dengan pendekatan TPACK pada tema 5 subtema 1 Kelas III SDN 106161 Laut Dendang. Jenis penelitian ini adalah R&D dengan model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah 24 orang yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi, wawancara, kuesioner, dan tes.Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi instrumen ahli (media dan materi), instrumen praktikalitas, dan tes hasil belajar.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan hasil validasi materi pada tahap I yakni 60% dan tahap II yakni 93,3 % yang menunjukkan kategori “ Sangat layak digunakan tanpa revisi”, sedangkan hasil validasi media pada tahap I yakni 61,3% dan tahap II yakni 96% yang menunjukkan kategori “sangat layak digunakan tanpa revisi”. hasil respon guru dan siswa. Hasil respon guru menunjukkan persentase 98% dan hasil respon siswa menunjukkan persentase 88%. Dengan rata rata persentase 93% yang menunjukkan dalam kategori “ sangat praktis”. Hasil pretest menunjukkan persentase sebesar 12% dan hasil postest menunjukkan persentase 96%

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Pembelajaran; Sparcol Videoscribe; Pendekatan TPACK
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 09 Jan 2025 04:21
Last Modified: 09 Jan 2025 04:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58901

Actions (login required)

View Item
View Item