Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match dan Card Sort Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 7 Subtema 2 Kelas V SDN 132416 Tanjungbalai T.A 2022/2023.

FITRI, DINDA KARUNIA (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match dan Card Sort Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 7 Subtema 2 Kelas V SDN 132416 Tanjungbalai T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1191111008_Cover.pdf] Text
1191111008_Cover.pdf

Download (221kB)
[thumbnail of 1191111008_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1191111008_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 1191111008_Abstrak.pdf] Text
1191111008_Abstrak.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of 1191111008_Kata_Pengantar.pdf] Text
1191111008_Kata_Pengantar.pdf

Download (373kB)
[thumbnail of 1191111008_Daftar_Isi.pdf] Text
1191111008_Daftar_Isi.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 1191111008_Daftar_Gambar.pdf] Text
1191111008_Daftar_Gambar.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 1191111008_Daftar_Tabel.pdf] Text
1191111008_Daftar_Tabel.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 1191111008_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1191111008_Daftar_Lampiran.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 1191111008_BAB_I.pdf] Text
1191111008_BAB_I.pdf

Download (699kB)
[thumbnail of 1191111008_BAB_V.pdf] Text
1191111008_BAB_V.pdf

Download (273kB)
[thumbnail of 1191111008_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1191111008_Daftar_Pustaka.pdf

Download (385kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Make A
Match dan Card Sort terhadap hasil belajar siswa. Dalam pelaksanaan penelitian
ini melibatkan dua kelas dengan sistem pembelajaran tatap muka dimana kelas VA
dengan model make a match dan kelas VB dengan model card sort. Pada penelitian
ini desain penelitian yang akan digunakan adalah Nonequivalent Control Group
Design. Sampel dalam penelitian kuantitatif ini yaitu kelas V-A yang berjumlah 24
siswa sebagai kelas eksperimen I dengan jumlah laki-laki sebanyak 10 orang dan
perempuan sebanyak 14 orang dan kelas V-B yang berjumlah 24 siswa dengan
jumlah laki-laki sebanyak 10 orang dan perempuan sebanyak 14 orang sebagai
kelas eksperimen II. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan
tes soal pilihan berganda. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh bahwa
pada model make a match, secara rata-rata terjadi peningkatan nilai dari pretest ke
posttest yakni 54,17 menjadi 83,33. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh
yang signigfikan model make a match terhadap hasil belajar. Pada model Card Sort,
secara rata-rata terjadi peningkatan nilai dari pretest ke posttest yakni 49,58
menjadi 71,25. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signigfikan model
card sort terhadap hasil belajar. Secara rata-rata, model make a match lebih baik
dibandingkan model card sort, oleh karena rata-rata nilai (Posttest) pada make a
match, lebih tinggi, 83,33 dibandingkan model card sort, 71,25. Berdasarkan hasil
uji t-test diperoleh diperoleh nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05, maka
disimpulkan terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan, antara model make a
match dan card sort pada hasil belajar. Dengan kata lain, Model Make a Match
memiliki signifikan yang lebih baik dibandingkan Model Card Sort.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Make A Match; Card Sort; Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 09 Jan 2025 04:20
Last Modified: 09 Jan 2025 04:20
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58900

Actions (login required)

View Item
View Item