FITRI, DINDA KARUNIA (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match dan Card Sort Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 7 Subtema 2 Kelas V SDN 132416 Tanjungbalai T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1191111008_Cover.pdf
Download (221kB)
1191111008_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (4MB)
1191111008_Abstrak.pdf
Download (88kB)
1191111008_Kata_Pengantar.pdf
Download (373kB)
1191111008_Daftar_Isi.pdf
Download (111kB)
1191111008_Daftar_Gambar.pdf
Download (210kB)
1191111008_Daftar_Tabel.pdf
Download (210kB)
1191111008_Daftar_Lampiran.pdf
Download (210kB)
1191111008_BAB_I.pdf
Download (699kB)
1191111008_BAB_V.pdf
Download (273kB)
1191111008_Daftar_Pustaka.pdf
Download (385kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Make A
Match dan Card Sort terhadap hasil belajar siswa. Dalam pelaksanaan penelitian
ini melibatkan dua kelas dengan sistem pembelajaran tatap muka dimana kelas VA
dengan model make a match dan kelas VB dengan model card sort. Pada penelitian
ini desain penelitian yang akan digunakan adalah Nonequivalent Control Group
Design. Sampel dalam penelitian kuantitatif ini yaitu kelas V-A yang berjumlah 24
siswa sebagai kelas eksperimen I dengan jumlah laki-laki sebanyak 10 orang dan
perempuan sebanyak 14 orang dan kelas V-B yang berjumlah 24 siswa dengan
jumlah laki-laki sebanyak 10 orang dan perempuan sebanyak 14 orang sebagai
kelas eksperimen II. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan
tes soal pilihan berganda. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh bahwa
pada model make a match, secara rata-rata terjadi peningkatan nilai dari pretest ke
posttest yakni 54,17 menjadi 83,33. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh
yang signigfikan model make a match terhadap hasil belajar. Pada model Card Sort,
secara rata-rata terjadi peningkatan nilai dari pretest ke posttest yakni 49,58
menjadi 71,25. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signigfikan model
card sort terhadap hasil belajar. Secara rata-rata, model make a match lebih baik
dibandingkan model card sort, oleh karena rata-rata nilai (Posttest) pada make a
match, lebih tinggi, 83,33 dibandingkan model card sort, 71,25. Berdasarkan hasil
uji t-test diperoleh diperoleh nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05, maka
disimpulkan terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan, antara model make a
match dan card sort pada hasil belajar. Dengan kata lain, Model Make a Match
memiliki signifikan yang lebih baik dibandingkan Model Card Sort.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Make A Match; Card Sort; Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 04:20 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 04:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58900 |