SIMANJUNTAK., DIAN MARISCA (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis PowerPoint Pada Pembelajaran Tematik di Kelas IV SDN 101768 Tembung. Skripsi: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan, Tahun Juli 2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1193311067_Cover.pdf
Download (117kB)
1193311067_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (7MB)
1193311067_Abstrak.pdf
Download (231kB)
1193311067_Kata_Pengantar.pdf
Download (396kB)
1193311067_Daftar_Isi.pdf
Download (233kB)
1193311067_Daftar_Gambar.pdf
Download (124kB)
1193311067_Daftar_Tabel.pdf
Download (202kB)
1193311067_Daftar_Lampiran.pdf
Download (202kB)
1193311067_BAB_I.pdf
Download (397kB)
1193311067_BAB_V.pdf
Download (294kB)
1193311067_Daftar_Pustaka.pdf
Download (230kB)
Abstract
Penelitian ini bertujujuan untuk mengetahui kelayakan pengembangan media
pembelajaran interaktif berbasis Powerpoint, mengetahui kepraktisan media
pembelajaran interaktif berbasis Powerpoint, dan untuk mengetahui keefektifan
penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Powerpoint Jenis peneltian
yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakn model
ADDIE melalui 5 tahapan yaitu tahap analysis, design, development,
implementation, dan evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah 21 orang siswa
kelas IV SDN 101768 Tembung. Pada tahap pertama yang dilakukan yaitu analisis
kebutuhan guru, analisis kurikulum dan materi, dan analisis peserta didik.Tahap
kedua yaitu perancangan dilakukan penyusunan tes, dan perancangan media.
Tahap ketiga yaitu pengembangan dilakukan penilaian kelayakan media
pembelajaran yang dilakukan oleh ahli media, ahli materi, dan praktisi pendidikan,
selanjutnya dilakukan tahap implementasi uji coba pengembangan. Tahap terakhir
evaluasi untuk mempertimbangkan hasil dari tahap implementasi. Hasil penelitian
yang diperoleh pada peneltian setelah melakukan validasi dan uji coba mendapat
kategori “Sangat Layak” dengan rincian validator ahli media diperoleh skor
sebesar 88,25%. Untuk hasil validasi materi, memperoleh nilai rata-rata 89%
dengan kategori”Sangat Layak”. Untuk hasil kepraktisan media pembelajaran
interaktif berbasis Powerpoint hasil uji coba pada siswa mendapat respon 93%
yang termasuk ke dalam kategori “ Sangat Praktis” dan respon guru terhadap media
mendapat persentase 83% yang termasuk ke dalam kategori “Sangat Praktis”. Dan
nilai yang diperoleh dari hasil pre-test serta post- test peserta didik meningkat dari
53,61 menjadi 87,38 yang termasuk ke dalam kategori “Baik Sekali” serta
memperoleh kriteria ketuntasan “Tuntas”. Maka dari itu dapat disimpulkan
bahwwa media pembelajaran interaktif berbasis Powerpoint pada pembelajaran
tematik di kelas IV SDN 101768 Tembung layak, praktis, dan efektif digunakan
oleh siswa saat proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan; Media Pembelajaran Interaktif; PowerPoint. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 04:20 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 04:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58898 |