ANALYSE D‟ERREURS D'ORTHOGRAPHE LEXICALE DANS LA PRODUCTION ÉCRITE ÉLÉMENTAIRE CHEZ LES ÉTUDIANTS DU DEUXIÈME SEMESTRE DE L'UNIMED

Sidabutar, Yustina (2023) ANALYSE D‟ERREURS D'ORTHOGRAPHE LEXICALE DANS LA PRODUCTION ÉCRITE ÉLÉMENTAIRE CHEZ LES ÉTUDIANTS DU DEUXIÈME SEMESTRE DE L'UNIMED. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2192431016_Cover.pdf] Text
2192431016_Cover.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of 2192431016_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2192431016_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (468kB)
[thumbnail of 2192431016_Abstrak.pdf] Text
2192431016_Abstrak.pdf

Download (106kB)
[thumbnail of 2192431016_Kata_Pengantar.pdf] Text
2192431016_Kata_Pengantar.pdf

Download (406kB)
[thumbnail of 2192431016_Daftar_Isi.pdf] Text
2192431016_Daftar_Isi.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of 2192431016_Daftar_Tabel.pdf] Text
2192431016_Daftar_Tabel.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 2192431016_Daftar_Gambar.pdf] Text
2192431016_Daftar_Gambar.pdf

Download (67kB)
[thumbnail of 2192431016_BAB_I.pdf] Text
2192431016_BAB_I.pdf

Download (311kB)
[thumbnail of 2192431016_BAB_V.pdf] Text
2192431016_BAB_V.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of 2192431016_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2192431016_Daftar_Pustaka.pdf

Download (200kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis-jenis kesalahan ejaan leksikal
bahasa Prancis yang terdapat dalam tulisan mahasiswa Unimed pada mata kuliah
produksi tulisan dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan hasil tulisan
mahasiswa pada saat ujian mata kuliah produksi tulisan dasar dan google form.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 59 data pada kesalahan ejaan
leksikal, 46 data (77,97%) pada kesalahan tanda diakritik (aksen), 11 data (18,65%)
pada kesalahan yang didominasi oleh kesalahan non-fungsional dan 2 data (3.38%)
pada kesalahan segmentasi. Berdasarkan kuesioner yang diisi oleh para siswa, ada
dua faktor yang bertanggung jawab atas kesalahan-kesalahan tersebut, yaitu faktor
interlingual dan faktor intralingual. Dari kedua faktor tersebut, penyebab utamanya
adalah faktor intralingual. Selain itu, pembelajar tidak mengetahui batasan atau
aturan dari suatu bahasa karena kurangnya pengetahuan tentang materi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Analisis kesalahan; ejaan leksikal; faktor intralingual; factor interlingual
Subjects: L Education > LA History of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PC Romance languages > PC2001 French
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 26 Jul 2024 08:41
Last Modified: 26 Jul 2024 08:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58866

Actions (login required)

View Item
View Item