PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MIND MAP TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 POLLUNG

Simanungkalit, Benny Agus (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MIND MAP TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 POLLUNG. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8136176006 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8136176006 COVER.pdf - Published Version

Download (29kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8136176006 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8136176006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (504kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8136176006 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8136176006 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (21kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8136176006 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8136176006 PREFACE.pdf - Published Version

Download (21kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8136176006 LIST OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8136176006 LIST OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (20kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8136176006 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8136176006 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (18kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8136176006 LIST OF PITCURE.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8136176006 LIST OF PITCURE.pdf - Published Version

Download (16kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8136176006 LIST OF ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8136176006 LIST OF ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (17kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 8136176006 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 8136176006 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8136176006 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8136176006 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (24kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 8136176006 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 8136176006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan: (1) kemampuan pemahaman konsep siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan mind map dan model pembelajaran ekspositori, (2) kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan mind map dan model pembelajaran ekspositori. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pollung. Pemilihan sampel dilakukan secara random dengan mengacak kelas. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) tes pemahaman konsep berupa pilihan berganda, (2) tes kemampuan berpikir kritis berupa uraian. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan uji t sampel bebas. Dari hasil penelitian uji hipotesis terdapat perbedaan, maka disimpulkan bahwa: (1) Kemampuan pemahaman konsep siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan mind map lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran ekspositori, (2) Kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan mind map lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran ekspositori.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.071 2 Sim p
Keywords: Model pembelajaran; Inkuiri terbimbing; Kognitif piaget; Teori belajar; Berpikir kritis; Fisika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 20 Jun 2016 02:39
Last Modified: 20 Jun 2016 02:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5883

Actions (login required)

View Item
View Item