Rasyid, Muhammad (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR INSTALASI PENERANGAN LISTRIK MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI PADA SISWA KELAS X TEKNIK INSTALASI PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK (TIPTL) DI SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 5113131030. COVER.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
2. 5113131030. APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. 5113131030. ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
4. 5113131030. PREFACE.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
5. 5113131030. TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. 5113131030. TABLE.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
7. 5113131030. ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
8. 5113131030. APPENDICES.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
9. 5113131030. CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
13. 5113131030. CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
14. 5113131030. BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Instalasi Penerangan Listrik menggunakan strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan strategi pembelajaran Ekspositori pada siswa kelas XI Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik (TIPTL) di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan mengambil 2 kelas, yaitu kelas XI TIPTL 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI TIPTL 2 sebagai kelas kontrol, yang masing-masing kelas berjumlah 32 orang siswa. Instrument yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal 30 butir. Hasil pengujian pretest sebelum diberi perlakuan yang berbeda, yaitu skor rata-rata di kelas eksperimen (21,43) dengan standar deviasi 3,51 dan skor rata-rata di kelas kontrol (17,41) dengan standar deviasi 2,59. Pada pengujian data pretest kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen yang berarti memiliki kemampuan awal yang sama. Kemudian diberi perlakuan yaitu kelas eksperimen diajarkan dengan strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan kelas kontrol diajar dengan strategi pembelajaran Ekspositori. Setelah pembelajaran selesai diberikan posttest, diperoleh nilai posttest dengan hasil rata-rata kelas eksperimen (82,19) dengan standar deviasi 8,76 dan kelas kontrol (69,38) dengan standar deviasi 12,68.
Dari hasil pengolahan data posttest diperoleh bahwa thitung = 5,83 dan ttabel = 1,67. Sehingga thitung > ttabel. Sehingga Ha diterima yaitu strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) memberikan hasil belajar pada pelajaran Instalasi Penerangan listrik yang lebih tinggi dari pada pembelajaran menggunakan strategi Pembelajaran Ekspositori pada siswa kelas XI TIPTL SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ELK 031 |
Keywords: | Hasil Belajar; strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL); strategi Pembelajaran Ekspositori . |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Jun 2016 01:48 |
Last Modified: | 20 Jun 2016 01:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5880 |