Raymundus, Eko (2023) Analisis Implementasi Profil Pelajar Pancasila Melalui Budaya Sekolah di UPT SPF SD Negeri 101799 Deli Tua. Masters thesis, UNIMED.
8226181009_Cover.pdf
Download (215kB)
8226181009_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (563kB)
8226181009_Abstrak.pdf
Download (206kB)
8226181009_Kata_Pengantar.pdf
Download (637kB)
8226181009_Daftar_Isi.pdf
Download (211kB)
8226181009_Daftar_Tabel.pdf
Download (174kB)
8226181009_Daftar_Gambar.pdf
Download (174kB)
8226181009_Daftar_Lampiran.pdf
Download (173kB)
8226181009_BAB_I.pdf
Download (758kB)
8226181009_BAB_V.pdf
Download (328kB)
8226181009_Daftar_Pustaka.pdf
Download (499kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Profil Pelajar Pancasila melalui budaya sekolah di UPT SPF SD Negeri 101799 Deli Tua, sebagai Sekolah Penggerak. Subjek penelitian adalah 16 orang guru dan 74 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan angket. Semua data dan informasi yang diperoleh dari penelitian, dianalisis lewat teknik reduksi data, penyajian secara deskriptif, skala Likert, SWOT dan penarikan kesimpulan, sebagai hasil akhir penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi Profil Pelajar Pancasila di UPT SPF SD Negeri 101799 Deli Tua telah berjalan dengan sangat baik. Hasil sangat baik ini didukung oleh pemahaman guru terhadap konsep Profil Pelajar Pancasila sebagai gambaran atau model pembelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi dan karakter sesuai nilai-nilai Pancasila. Nilai-nilai Pancasila yang dimaksud tertuang dalam elemen beriman dan bertakwa kepada TYME, dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis dan kreatif. Implementasinya menggunakan model konseptual Merdeka Belajar dan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila seturut Kurikulum Merdeka dengan hasil presentase 88,20%. Implementasi program ini juga didukung oleh delapan budaya sekolah dengan hasil presentase 75, 85%, yakni budaya religius, 5S, upacara bendera, aku kerja sendiri, potong kuku, bersih kelas, literasi dan aku bisa. Kedelapan budaya ini, memberikan iklim yang positif bagi pelaksanaan program Profil Pelajar Pancasila, dan diharapkan menjadi solusi dalam mengatasi masalah kemerosotan penghayatan nilai-nilai Pancasila di sekolah dasar, sebagai akibat perkembangan teknologi dan kebijakan kurikulum yang sering gonta-ganti. Dengan menerapkan Kurikulum Merdeka dan kedelapan budaya sekolah, UPT SPF SD Negeri 101799 Deli Tua sebagai salah satu Sekolah penggerak, telah berusaha secara maksimal dalam mewujudkan peserta didik sebagai pembelajar sepanjang hayat yang berkarakter Profil Pelajar Pancasila.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.8 Ray a |
Keywords: | Budaya Sekolah, Kurikulum Merdeka, Profil Pelajar Pancasila |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 18 Jul 2024 10:14 |
Last Modified: | 18 Jul 2024 10:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58771 |