Analisis Implementasi Profil Pelajar Pancasila Melalui Budaya Sekolah di UPT SPF SD Negeri 101799 Deli Tua

Raymundus, Eko (2023) Analisis Implementasi Profil Pelajar Pancasila Melalui Budaya Sekolah di UPT SPF SD Negeri 101799 Deli Tua. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8226181009_Cover.pdf] Text
8226181009_Cover.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of 8226181009_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8226181009_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (563kB)
[thumbnail of 8226181009_Abstrak.pdf] Text
8226181009_Abstrak.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of 8226181009_Kata_Pengantar.pdf] Text
8226181009_Kata_Pengantar.pdf

Download (637kB)
[thumbnail of 8226181009_Daftar_Isi.pdf] Text
8226181009_Daftar_Isi.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 8226181009_Daftar_Tabel.pdf] Text
8226181009_Daftar_Tabel.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of 8226181009_Daftar_Gambar.pdf] Text
8226181009_Daftar_Gambar.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of 8226181009_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8226181009_Daftar_Lampiran.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of 8226181009_BAB_I.pdf] Text
8226181009_BAB_I.pdf

Download (758kB)
[thumbnail of 8226181009_BAB_V.pdf] Text
8226181009_BAB_V.pdf

Download (328kB)
[thumbnail of 8226181009_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8226181009_Daftar_Pustaka.pdf

Download (499kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Profil Pelajar Pancasila melalui budaya sekolah di UPT SPF SD Negeri 101799 Deli Tua, sebagai Sekolah Penggerak. Subjek penelitian adalah 16 orang guru dan 74 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan angket. Semua data dan informasi yang diperoleh dari penelitian, dianalisis lewat teknik reduksi data, penyajian secara deskriptif, skala Likert, SWOT dan penarikan kesimpulan, sebagai hasil akhir penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi Profil Pelajar Pancasila di UPT SPF SD Negeri 101799 Deli Tua telah berjalan dengan sangat baik. Hasil sangat baik ini didukung oleh pemahaman guru terhadap konsep Profil Pelajar Pancasila sebagai gambaran atau model pembelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi dan karakter sesuai nilai-nilai Pancasila. Nilai-nilai Pancasila yang dimaksud tertuang dalam elemen beriman dan bertakwa kepada TYME, dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis dan kreatif. Implementasinya menggunakan model konseptual Merdeka Belajar dan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila seturut Kurikulum Merdeka dengan hasil presentase 88,20%. Implementasi program ini juga didukung oleh delapan budaya sekolah dengan hasil presentase 75, 85%, yakni budaya religius, 5S, upacara bendera, aku kerja sendiri, potong kuku, bersih kelas, literasi dan aku bisa. Kedelapan budaya ini, memberikan iklim yang positif bagi pelaksanaan program Profil Pelajar Pancasila, dan diharapkan menjadi solusi dalam mengatasi masalah kemerosotan penghayatan nilai-nilai Pancasila di sekolah dasar, sebagai akibat perkembangan teknologi dan kebijakan kurikulum yang sering gonta-ganti. Dengan menerapkan Kurikulum Merdeka dan kedelapan budaya sekolah, UPT SPF SD Negeri 101799 Deli Tua sebagai salah satu Sekolah penggerak, telah berusaha secara maksimal dalam mewujudkan peserta didik sebagai pembelajar sepanjang hayat yang berkarakter Profil Pelajar Pancasila.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.8 Ray a
Keywords: Budaya Sekolah, Kurikulum Merdeka, Profil Pelajar Pancasila
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 18 Jul 2024 10:14
Last Modified: 18 Jul 2024 10:14
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58771

Actions (login required)

View Item
View Item