Pengembangan Media Pembelajaran Audiovisual berbentuk Animasi untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 067245 Medan Selayang

Damira, Risa (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Audiovisual berbentuk Animasi untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 067245 Medan Selayang. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8216182003_Cover.pdf] Text
8216182003_Cover.pdf

Download (268kB)
[thumbnail of 8216182003_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8216182003_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (199kB)
[thumbnail of 8216182003_Abstrak.pdf] Text
8216182003_Abstrak.pdf

Download (472kB)
[thumbnail of 8216182003_Kata_Pengantar.pdf] Text
8216182003_Kata_Pengantar.pdf

Download (354kB)
[thumbnail of 8216182003_Daftar_Isi.pdf] Text
8216182003_Daftar_Isi.pdf

Download (434kB)
[thumbnail of 8216182003_Daftar_Tabel.pdf] Text
8216182003_Daftar_Tabel.pdf

Download (284kB)
[thumbnail of 8216182003_Daftar_Gambar.pdf] Text
8216182003_Daftar_Gambar.pdf

Download (365kB)
[thumbnail of 8216182003_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8216182003_Daftar_Lampiran.pdf

Download (260kB)
[thumbnail of 8216182003_BAB_I.pdf] Text
8216182003_BAB_I.pdf

Download (613kB)
[thumbnail of 8216182003_BAB_V.pdf] Text
8216182003_BAB_V.pdf

Download (445kB)
[thumbnail of 8216182003_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8216182003_Daftar_Pustaka.pdf

Download (695kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan keefektifan media audiovisual berbentuk animasi pada siswa kelas IV SD Negeri 067245 Medan Selayang. Model penelitian yang digunakan adalah penelitiandan pengembangan (R&D) dengan menggunakan desain 4D dari Thiagarajan. Subjek penelitian ini validator ahli materi, dan media, guru, serta siswa kelas IV sebanyak 54 orang yang masing-masing terdiri dari 27 siswa dikelas eksperimen dan 27 siswa di kelas kontrol. Berdasarkan temuan penelitian hasil validasi oleh ahli materi sebesar 89%, ahli media 88% dan masuk dalam kategori valid (layak). Hasil validasi media oleh siswa memperoleh 92,8% dan masuk dalam kategori “Sangat Layak” Selanjutnya hasil kepraktisan memperoleh hasil angket guru 87,5% dengan kategori “Sangat Praktis” dan respon siswa memperoleh persentase 90% dengan kategori “Sangat Praktis”, dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan praktis untuk digunakan. Motivasi siswa sebelum menggunakan produk pada kelas eksperimen memperoleh 65.8% setelah menggunakan produk menjadi 94.3%, sedangkan motivasi belajar pada kelas kontrol sebelum menggunakan media cetak 66% menjadi 75% setelah menggunakan media cetak. Nilai pretest pada kelas eksperimen menunjukkan hasil rata-rata 63 dan nilai postest menunjukkan hasil rata-rata 91, N-Gain 0.8 Dengan kriteria “Tinggi”, Sedangkan nilai pretest pada kelas kontrol mendapatkan rata-rata 66 dan nilai postest 73 , dengan N-Gain Score 0,2 sehingga dinyatakan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol, hal ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran audiovisual berbentuk animasi sangat layak, praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran dan efektif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.8 Dam p
Keywords: Pengembangan, Media pembelajaran, Animasi, Motivasi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 18 Jul 2024 10:08
Last Modified: 18 Jul 2024 10:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58770

Actions (login required)

View Item
View Item