Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Pada Kelas VII SMP IT Bina Insan Batang Kuis TA. 2022/2023

Sarbaini, Weni (2023) Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Pada Kelas VII SMP IT Bina Insan Batang Kuis TA. 2022/2023. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8206182005_Cover.pdf] Text
8206182005_Cover.pdf

Download (72kB)
[thumbnail of 8206182005_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8206182005_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of 8206182005_Abstrak.pdf] Text
8206182005_Abstrak.pdf

Download (65kB)
[thumbnail of 8206182005_Kata_Pengantar.pdf] Text
8206182005_Kata_Pengantar.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of 8206182005_Daftar_Isi.pdf] Text
8206182005_Daftar_Isi.pdf

Download (216kB)
[thumbnail of 8206182005_Daftar_Tabel.pdf] Text
8206182005_Daftar_Tabel.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of 8206182005_Daftar_Gambar.pdf] Text
8206182005_Daftar_Gambar.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 8206182005_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8206182005_Daftar_Lampiran.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 8206182005_BAB_I.pdf] Text
8206182005_BAB_I.pdf

Download (485kB)
[thumbnail of 8206182005_BAB_V.pdf] Text
8206182005_BAB_V.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 8206182005_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8206182005_Daftar_Pustaka.pdf

Download (252kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang tersedianya LKPD berbasis PBL untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis validitas, keefektifan dan kepraktisan LKPD berbasis problem based learning dalam meningkatkan hasil belajar PPKn pada kelas VII SMP IT Bina Insan Batang Kuis. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Developmen) R&D dengan model ADDIE yaitu Analysis, Desain, Development, Implementation, dan Evaluasi. Pengujian validitas LKPD dilakukan melalui validasi ahli desain pembelajaran, ahli materi, ahli bahasa dan praktisi pendidikan. Pengujian keefektifan dilakukan dengan pengujian statistik uji t selanjutnya pengujian kepraktisan dilakukan melalui pengamatan keterlaksanaan pembelajaran oleh guru, dan respon siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) LKPD berbasis PBL terbukti valid karena telah divalidasi oleh ahli, diantaranya ahli materi sebesar 90,75% berada pada kategori sangat valid. Ahli bahasa sebesar 92,50% berada pada kategori sangat valid. Ahli desain pembelajaran sebesar 95,50% dengan kategori sangat valid dan telah divalidasi oleh praktisi pendidikan dengan presentase sebesar 93,00% sangat valid. (2) LKPD berbasis PBL terbukti efektif untuk meningkatkan capaian hasil belajar PPKn siswa, hal ini terlihat dari hasil pengujian statistik di mana diketahui harga thitung (4,03) > ttabel (1,67). (3) LKPD berbasis PBL terbukti praktis untuk meningkatkan capaian hasil belajar PPKn, hal ini terlihat dari respon siswa yang menunjukkan bahwa siswa merasa tertarik dan antusias belajar dengan penggunaan LKPD berbasis PBL yang digunakan oleh guru. Oleh karena diperoleh persentase sebesar 82,43% maka produk LKPD berbasis problem based learning adalah praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.83 Sar p
Keywords: LKPD, PBL dan Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 17 Jul 2024 11:32
Last Modified: 17 Jul 2024 11:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58762

Actions (login required)

View Item
View Item