Pengaruh Kemampuan Spasial, Kemampuan Visual Thinking dan Kemampuan Kombinatorik terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa

Sinaga, Venina (2023) Pengaruh Kemampuan Spasial, Kemampuan Visual Thinking dan Kemampuan Kombinatorik terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8206172011_Cover.pdf] Text
8206172011_Cover.pdf

Download (59kB)
[thumbnail of 8206172011_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8206172011_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (697kB)
[thumbnail of 8206172011_Abstrak.pdf] Text
8206172011_Abstrak.pdf

Download (243kB)
[thumbnail of 8206172011_Kata_Pengantar.pdf] Text
8206172011_Kata_Pengantar.pdf

Download (445kB)
[thumbnail of 8206172011_Daftar_Isi.pdf] Text
8206172011_Daftar_Isi.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of 8206172011_Daftar_Tabel.pdf] Text
8206172011_Daftar_Tabel.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of 8206172011_Daftar_Gambar.pdf] Text
8206172011_Daftar_Gambar.pdf

Download (423kB)
[thumbnail of 8206172011_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8206172011_Daftar_Lampiran.pdf

Download (490kB)
[thumbnail of 8206172011_BAB_I.pdf] Text
8206172011_BAB_I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8206172011_BAB_V.pdf] Text
8206172011_BAB_V.pdf

Download (268kB)
[thumbnail of 8206172011_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8206172011_Daftar_Pustaka.pdf

Download (734kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) pengaruh kemampuan spasial, kemampuan visual thinking dan kemampuan kombinatorik terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa secara simultan dan 2) pengaruh kemampuan spasial, kemampuan visual thinking dan kemampuan kombinatorik terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa secara parsial. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMA swasta dan negeri di Medan pada tahun ajaran 2022/2023. Sampel pada penelitian ini sebanyak 123 siswa yang diambil dari 4 sekolah yang ada di Medan dengan kriteria satu sekolah unggul swasta maupun negeri dan satu sekolah biasa swasta maupun negeri yang dilihat dari hasil survey LTMPT UTBK tahun 2022 yaitu SMA Santo Thomas 1 Medan, SMA Negeri 15 Medan, SMA Methodist 12 Medan dan SMA Negeri 14 Medan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes uraian yaitu tes kemampuan visual thinking, tes kemampuan kombinatorik dan tes kemampuan pemecahan masalah dan pilihan ganda yaitu tes kemampuan spasial. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji prasyarat, model regresi linear berganda, model regresi linear sederhana, analisis korelasi dan koefisien determinan. Hasil penelitian menunjukan: 1) terdapat pengaruh kemampuan spasial, kemampuan visual thinking dan kemampuan kombinatorik terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa secara simultan dengan nilai Sig. 0.000<0.05 dan Adjusted R Square sebesar 0,930 atau 93% dengan keeratan hubungan yang sangat kuat secara simultan. 2) terdapat pengaruh kemampuan spasial terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dengan nilai Sig. 0.000<0.05 dan koefisien determinan (R2) sebesar 0.850 atau 85% dengan keeratan hubungan yang sangat kuat. 3) terdapat pengaruh kemampuan visual thinking terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dengan nilai Sig. 0.000<0.05 dan koefisien determinan (R2) sebesar 0,855 atau 85,5% dengan keeratan hubungan yang sangat kuat. 4) terdapat pengaruh kemampuan kombinatorik terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dengan nilai Sig. 0.000<0.05 dan koefisien determinan (R2) sebesar 0.903 atau 90,3% dengan keeratan hubungan yang sangat kuat.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.72 Sin p
Keywords: kemampuan spasial, kemampuan visual thinking, kemampuan kombinatorik, kemampuan pemecahan masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 17 Jul 2024 11:11
Last Modified: 17 Jul 2024 11:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58759

Actions (login required)

View Item
View Item