Jamilah, Rayhan (2024) Pengembangan Buku Elektronik Terintegrasi Nilai-Nilai Spiritual dan Case Method untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Kimia Kelas XI Semester Genap. Masters thesis, UNIMED.
8216142006_Cover.pdf
Download (200kB)
8216142006_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (199kB)
8216142006_Abstrak.pdf
Download (208kB)
8216142006_Kata_Pengantar.pdf
Download (228kB)
8216142006_Daftar_Isi.pdf
Download (360kB)
8216142006_Daftar_Tabel.pdf
Download (287kB)
8216142006_Daftar_Gambar.pdf
Download (178kB)
8216142006_Daftar_Lampiran.pdf
Download (312kB)
8216142006_BAB_I.pdf
Download (578kB)
8216142006_BAB_V.pdf
Download (214kB)
8216142006_Daftar_Pustaka.pdf
Download (407kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil analisis kebutuhan dan analisis materi/isi untuk pengembangan buku elektronik kimia terintegrasi nilai-nilai spiritual dan case method, kelayakan buku elektronik, sikap spiritual, hasil belajar, motivasi dan respon peserta didik yang diajarkan menggunakan buku elektronik yang dikembangkan. Penelitian dilakukan di MAN 1 Medan menggunakan metode R&D dengan model ADDIE. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh buku elektronik kimia kelas XI SMA dan sampel penelitian adalah buku sekolah elektronik kimia kelas XI yang diterbitkan oleh Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Pada tahap implementasi, populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI MAN 1 Medan Tahun Pelajaran 2022/2023 dan sampel penelitian adalah peserta didik kelas XI MIA-9 MAN 1 Medan. Instrumen penelitian terdiri atas angket analisis kebutuhan, angket kelayakan buku elektronik, angket kelayakan nilai spiritual, angket penilaian diri sikap spiritual, lembar observasi sikap spiritual, soal tes, angket motivasi dan angket respon peserta didik. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji one sample t-test dengan membandingkan nilai thitung dan ttabel dengan nilai thitung 2.894 > ttabel 2.045. Hasil penelitian diperoleh 70% guru membutuhkan buku ajar yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik sekaligus memenuhi kompetensi sikap spiritual (KI-2), hasil analisis buku A, B, dan C berturut-turut adalah 4,36, 4,55, 4,4 dengan kategori layak namun perlu dikembangkan, nilai rata-rata kelayakan materi buku elektronik yang dikembangkan adalah 3,78 dengan kategori layak dan tidak perlu revisi, nilai rata-rata kelayakan pengintegrasian nilai-nilai spiritual adalah 3,6 dengan kategori layak, nilai rata-rata kelayakan oleh ahli IT adalah 3,73 dengan kategori layak dan tidak perlu revisi. Nilai rata-rata sikap spiritual peserta didik adalah 3,72, nilai rata-rata hasil belajar peserta didik adalah 80,67, nilai rata-rata motivasi peserta didik 89,85% dengan kategori sangat termotivasi dan nilai rata-rata respon peserta didik 92,6% dengan kategori sangat baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.72 Jam p |
Keywords: | Buku elektronik, nilai-nilai spiritual, case method, ADDIE |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 17 Jul 2024 10:49 |
Last Modified: | 17 Jul 2024 10:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58757 |