Anggara, Muhammad Burhan (2023) Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Kimia untuk Mengukur High Order Thinking Skills (HOTS) pada Materi Kimia Semester Genap Kelas XI SMA. Masters thesis, UNIMED.
8216142004_Cover.pdf
Download (49kB)
8216142004_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (610kB)
8216142004_Abstrak.pdf
Download (66kB)
8216142004_Kata_Pengantar.pdf
Download (182kB)
8216142004_Daftar_Isi.pdf
Download (271kB)
8216142004_Daftar_Tabel.pdf
Download (352kB)
8216142004_Daftar_Gambar.pdf
Download (280kB)
8216142004_Daftar_Lampiran.pdf
Download (492kB)
8216142004_BAB_I.pdf
Download (490kB)
8216142004_BAB_V.pdf
Download (167kB)
8216142004_Daftar_Pustaka.pdf
Download (527kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan awal instrumen penilaian hasil belajar kimia semester genap kelas XI yang digunakan di sekolah dalam mengukur High Order Thinking Skills (HOTS) siswa, analisis instrumen penilaian HOTS berdasarkan validitas isi, hasil analisis item terhadap instrumen penilaian HOTS dengan pemodelan Rasch, tingkat kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa yang diukur dengan instrumen penilaian HOTS, dan respon siswa terhadap instrumen penilaian HOTS yang dikembangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan model ADDIE yang terdiri dari tahap analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan diperoleh bahwa instrumen penilaian hasil belajar kimia yang digunakan di sekolah belum mampu mengukur kemampuan HOTS siswa. Sehingga dilakukan pengembangan instrumen penilaian hasil belajar untuk mengukur HOTS. Hasil uji validitas isi oleh dosen dan guru berada pada kategori valid. Terdapat uji asumsi dalam pemodelan Rasch, yaitu asumsi unidimensionalitas dengan Principal Component Analysis (PCA) dan independensi lokal yang telah terpenuhi. Hasil analisis item dengan Rasch diperoleh 30 dari 40 soal terkategori baik untuk digunakan sebagai alat untuk mengukur HOTS siswa. Instrumen penilaian yang dikembangkan memiliki kemampuan yang baik dalam mengukur HOTS siswa dengan perolehan 54,39% (kurang), siswa dengan perolehan 36,84% (sedang), dan 8,77% (tinggi). Respon siswa terhadap penggunaan instrumen HOTS dalam bentuk googleform berada pada kategori sangat baik. Produk berupa instrumen penilaian hasil belajar kimia yang dikembangkan valid dan memenuhi persyaratan kualitas soal yang baik serta dapat digunakan untuk mengukur kemampuan HOTS siswa dan dapat digunakan secara online.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.72 Ang p |
Keywords: | HOTS, instrumen, rasch model, ADDIE. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 17 Jul 2024 10:36 |
Last Modified: | 17 Jul 2024 10:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58755 |