Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Kimia untuk Mengukur High Order Thinking Skills (HOTS) pada Materi Kimia Semester Genap Kelas XI SMA

Anggara, Muhammad Burhan (2023) Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Kimia untuk Mengukur High Order Thinking Skills (HOTS) pada Materi Kimia Semester Genap Kelas XI SMA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8216142004_Cover.pdf] Text
8216142004_Cover.pdf

Download (49kB)
[thumbnail of 8216142004_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8216142004_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (610kB)
[thumbnail of 8216142004_Abstrak.pdf] Text
8216142004_Abstrak.pdf

Download (66kB)
[thumbnail of 8216142004_Kata_Pengantar.pdf] Text
8216142004_Kata_Pengantar.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of 8216142004_Daftar_Isi.pdf] Text
8216142004_Daftar_Isi.pdf

Download (271kB)
[thumbnail of 8216142004_Daftar_Tabel.pdf] Text
8216142004_Daftar_Tabel.pdf

Download (352kB)
[thumbnail of 8216142004_Daftar_Gambar.pdf] Text
8216142004_Daftar_Gambar.pdf

Download (280kB)
[thumbnail of 8216142004_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8216142004_Daftar_Lampiran.pdf

Download (492kB)
[thumbnail of 8216142004_BAB_I.pdf] Text
8216142004_BAB_I.pdf

Download (490kB)
[thumbnail of 8216142004_BAB_V.pdf] Text
8216142004_BAB_V.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of 8216142004_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8216142004_Daftar_Pustaka.pdf

Download (527kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan awal instrumen penilaian hasil belajar kimia semester genap kelas XI yang digunakan di sekolah dalam mengukur High Order Thinking Skills (HOTS) siswa, analisis instrumen penilaian HOTS berdasarkan validitas isi, hasil analisis item terhadap instrumen penilaian HOTS dengan pemodelan Rasch, tingkat kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa yang diukur dengan instrumen penilaian HOTS, dan respon siswa terhadap instrumen penilaian HOTS yang dikembangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan model ADDIE yang terdiri dari tahap analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan diperoleh bahwa instrumen penilaian hasil belajar kimia yang digunakan di sekolah belum mampu mengukur kemampuan HOTS siswa. Sehingga dilakukan pengembangan instrumen penilaian hasil belajar untuk mengukur HOTS. Hasil uji validitas isi oleh dosen dan guru berada pada kategori valid. Terdapat uji asumsi dalam pemodelan Rasch, yaitu asumsi unidimensionalitas dengan Principal Component Analysis (PCA) dan independensi lokal yang telah terpenuhi. Hasil analisis item dengan Rasch diperoleh 30 dari 40 soal terkategori baik untuk digunakan sebagai alat untuk mengukur HOTS siswa. Instrumen penilaian yang dikembangkan memiliki kemampuan yang baik dalam mengukur HOTS siswa dengan perolehan 54,39% (kurang), siswa dengan perolehan 36,84% (sedang), dan 8,77% (tinggi). Respon siswa terhadap penggunaan instrumen HOTS dalam bentuk googleform berada pada kategori sangat baik. Produk berupa instrumen penilaian hasil belajar kimia yang dikembangkan valid dan memenuhi persyaratan kualitas soal yang baik serta dapat digunakan untuk mengukur kemampuan HOTS siswa dan dapat digunakan secara online.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 540.72 Ang p
Keywords: HOTS, instrumen, rasch model, ADDIE.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 17 Jul 2024 10:36
Last Modified: 17 Jul 2024 10:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58755

Actions (login required)

View Item
View Item