Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Kimia Semester Genap Kelas XI SMA/MA

Husnitha, Effi Nurma (2023) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Kimia Semester Genap Kelas XI SMA/MA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8216142007_Cover.pdf] Text
8216142007_Cover.pdf

Download (48kB)
[thumbnail of 8216142007_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8216142007_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (824kB)
[thumbnail of 8216142007_Abstrak.pdf] Text
8216142007_Abstrak.pdf

Download (66kB)
[thumbnail of 8216142007_Kata_Pengantar.pdf] Text
8216142007_Kata_Pengantar.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of 8216142007_Daftar_Isi.pdf] Text
8216142007_Daftar_Isi.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of 8216142007_Daftar_Tabel.pdf] Text
8216142007_Daftar_Tabel.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 8216142007_Daftar_Gambar.pdf] Text
8216142007_Daftar_Gambar.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 8216142007_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8216142007_Daftar_Lampiran.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 8216142007_BAB_I.pdf] Text
8216142007_BAB_I.pdf

Download (313kB)
[thumbnail of 8216142007_BAB_V.pdf] Text
8216142007_BAB_V.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of 8216142007_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8216142007_Daftar_Pustaka.pdf

Download (398kB)

Abstract

Terdapat permasalahan dalam cara meningkatkan kemampuan berpikir kritis beserta motivasi belajar peserta didik yang disebabkan kurang nya sumber bahan ajar yang mendukung untuk digunakan pada pembelajaran kimia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan penggunaan bahan ajar berdasarkan kriteria BSNP serta mengembangkan bahan ajar berbasis Problem Based Learning (PBL) yang nantinya akan digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, dan melihat motivasi peserta didik serta respon peserta didik pada penerapan Bahan Ajar berbasis PBL. Pada penelitian ini menggunakan metode pengembangan (R&D) dengan desain Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE). Subjek penelitian ini sejumlah satu kelas terdiri dari 29 orang peserta didik yang dilakukan secara purposive sampling Instrumen penelitian berupa angket wawancara, angket kelayakan BSNP yang telah dimodifikasi, instrument tes, angket aktivitas belajar peserta didik, dan angket respon peserta didik terhadap penggunaan Bahan Ajar berbasis PBL. Hasil analisis kebutuhan awal disimpulkan bahwa proses pembelajaran kimia yang digunakan guru didalam kelas cenderung memakai metode ceramah, selain itu bukuyang dijadikan guru sebagai bahan ajar cenderung masih berfokus pada materi, adapun hasil BSNP dari buku tersebut ialah 3,56 (Buku A) dan 3,64 (Buku B). Hasil analisis kelayakan bahan ajar berbasis masalah yang dikembangkan memperoleh nilai rata-rata 3,86 (dosen kimia) dan 3,73 (guru kimia) dengan kategori valid tanpa perlu revisi dan layak digunakan dalam pembelajaran kimia kelas XI semester Genap. Sedangkan untuk kemampuan berpikir kritis pada siswa yang diajarkan dengan bahan ajar berbasis masalah memiliki nilai yang lebih tinggi dari KKM yang ditunjukkan dengan uji one sample t-tes yang diperoleh nilai thitung > ttabel (9.896 > 2,048) nilai Sig 2 tailed 0,000 < 0,005. Motivasi belajar kelas eksperimen diperoleh nilai sebesar 92,7 % dimana termasuk pada kategori sangat termotivasi, dan respon siswa pada bahan ajar ini memperoleh nilai sebesar 90,3% yang dapat dikategorikan sangat baik. Kesimpulan yang dapat diambil pada penggunaan bahan ajar berbasis PBL ialah bahan ajar ini dapat meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan motivasi belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 540.72 Hus p
Keywords: Pengembangan, Bahan Ajar, Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Motivasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 17 Jul 2024 10:16
Last Modified: 17 Jul 2024 10:16
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58753

Actions (login required)

View Item
View Item