Pengembangan E-Modul Kimia Interaktif Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Kelas X

Asmi, Andalia (2024) Pengembangan E-Modul Kimia Interaktif Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Kelas X. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8216141005_Cover.pdf] Text
8216141005_Cover.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of 8216141005_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8216141005_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (590kB)
[thumbnail of 8216141005_Abstrak.pdf] Text
8216141005_Abstrak.pdf

Download (387kB)
[thumbnail of 8216141005_Kata_Pengantar.pdf] Text
8216141005_Kata_Pengantar.pdf

Download (393kB)
[thumbnail of 8216141005_Daftar_Isi.pdf] Text
8216141005_Daftar_Isi.pdf

Download (281kB)
[thumbnail of 8216141005_Daftar_Tabel.pdf] Text
8216141005_Daftar_Tabel.pdf

Download (244kB)
[thumbnail of 8216141005_Daftar_Gambar.pdf] Text
8216141005_Daftar_Gambar.pdf

Download (243kB)
[thumbnail of 8216141005_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8216141005_Daftar_Lampiran.pdf

Download (243kB)
[thumbnail of 8216141005_BAB_I.pdf] Text
8216141005_BAB_I.pdf

Download (501kB)
[thumbnail of 8216141005_BAB_V.pdf] Text
8216141005_BAB_V.pdf

Download (270kB)
[thumbnail of 8216141005_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8216141005_Daftar_Pustaka.pdf

Download (608kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui pengaruh E-Modul Kimia Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA kelas X. Metode dalam penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa instrument tes dan non tes yaitu lembar validasi standar BSNP yang telah dimodifikasi dan soal essay. Berdasarkan hasil validasi yang diperoleh dari validator dosen ahli materi dan guru mata pelajaran kimia diperoleh hasil rata-rata 3,31 dan 3,45 yang memenuhi kriteria “sangat layak”, dan dari ahli media, diperoleh hasil rata-rata sebesar 3,69 yang memenuhi kriteria “sangat layak”. Berdasarkan uji coba pembelajaran di kelas, E-modul dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan perolehan nilai N-Gain 0,48 dalam kategori sedang. Terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran dengan menggunakan e-modul berbasis problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan perolehan nilai Thitung = 2.1888 > Ttabel = 2.074.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 540.72 Asm p
Keywords: E-modul, PBL, Kimia, BSNP, ADDIE
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 17 Jul 2024 10:03
Last Modified: 17 Jul 2024 10:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58751

Actions (login required)

View Item
View Item