Inovasi e-LKPD Berbantuan Liveworksheet Berbasis HOTS Pada Materi Kimia Semester Genap Kelas X SMA Kurikulum Merdeka

Marpaung, Aisyatur Radhwa (2023) Inovasi e-LKPD Berbantuan Liveworksheet Berbasis HOTS Pada Materi Kimia Semester Genap Kelas X SMA Kurikulum Merdeka. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8216142010_Cover.pdf] Text
8216142010_Cover.pdf

Download (58kB)
[thumbnail of 8216142010_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8216142010_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (624kB)
[thumbnail of 8216142010_Abstrak.pdf] Text
8216142010_Abstrak.pdf

Download (352kB)
[thumbnail of 8216142010_Kata_Pengantar.pdf] Text
8216142010_Kata_Pengantar.pdf

Download (353kB)
[thumbnail of 8216142010_Daftar_Isi.pdf] Text
8216142010_Daftar_Isi.pdf

Download (243kB)
[thumbnail of 8216142010_Daftar_Tabel.pdf] Text
8216142010_Daftar_Tabel.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of 8216142010_Daftar_Gambar.pdf] Text
8216142010_Daftar_Gambar.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 8216142010_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8216142010_Daftar_Lampiran.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of 8216142010_BAB_I.pdf] Text
8216142010_BAB_I.pdf

Download (428kB)
[thumbnail of 8216142010_BAB_V.pdf] Text
8216142010_BAB_V.pdf

Download (244kB)
[thumbnail of 8216142010_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8216142010_Daftar_Pustaka.pdf

Download (368kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-LKPD berbantuan liveworksheet berbasis HOTS, mengetahui hasil belajar yang diperoleh dan aktivitas belajar peserta, melihat hubungan aktivitas dan hasil belajar peserta didik, serta melihat respon peserta didik terhadap penerapan e-LKPD berbantuan liveworksheet berbasis HOTS dalam pembelajaran kimia. Penelitian ini dilakukan di SMA Swasta Al Azhar Medan menggunakan metode R & D (Research and Development) dengan model ADDIE (Analyst, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini sejumlah satu kelas terdiri dari 29 orang peserta didik yang dilakukan secara purposive sampling Instrumen penelitian berupa angket wawancara, angket kelayakan BSNP yang telah dimodifikasi, instrument tes, angket aktivitas belajar peserta didik, dan angket respon peserta didik terhadap penggunaan e-LKPD berbantuan liveworksheet berbasis HOTS. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji t (one sample t-test) serta uji korelasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa e-LKPD berbantuan liveworksheet berbasis HOTS yang dikembangkan telah layak sesuai dengan BSNP dengan perolehan rata-rata kelayakan dari 3 ahli materi sebesar 3.59 (Layak), rata-rata kelayakan ahli media sebesar 4.59 (Layak), dan rata-rata kelayakan dari 3 orang guru kimia sebesar 3.78 (Layak). Hasil uji one sample t-test diperoleh nilai thitung = 7,966 > ttabel = 2,048, maka Ha diterima sedangkan nilai sig. (2-tailed) = 0,000 < nilai α = 5% (0,05) yang menunjukkan H0 ditolak dan Ha diterima dengan hipotesis yang berbunyi bahwa hasil belajar peserta didik yang diajarkan dengan menggunakan e-LKPD berbantuan liveworksheet berbasis HOTS lebih tinggi dari pada interval nilai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) yang ditetapkan oleh pendidik atau satuan pendidikan yaitu 75-83 dengan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar 85,17. Aktivitas dan hasil belajar peserta didik memiliki hubungan yang positif dengan kekuatan sangat kuat yang diperoleh dari nilai Pearson Correlation sebesar 0,844 dan koefisien determinasi sebesar 71,2%. Respon peserta didik terhadap penggunaan e-LKPD berbantuan liveworksheet berbasis HOTS pada materi kimia semester genap kelas X SMA Kurikulum Merdeka sangat baik dengan nilai rata-rata persentase jawaban peserta didik sebesar 89%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 540.72 Mar i
Keywords: e-LKPD, liveworksheet, HOTS, Penelitian dan Pengembangan, Kimia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 17 Jul 2024 09:59
Last Modified: 17 Jul 2024 09:59
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58750

Actions (login required)

View Item
View Item