Sembiring, Adina Sastra (2023) Pengembangan Model Pembelajaran Gitar Klasik GiptuBan Berbasis Teori Elaborasi. Doctoral thesis, UNIMED.
1. NIM.8176124001 COVER.pdf
Download (58kB)
NIM. 8176124001 LEMBRA PENGESAHAN.pdf
Download (1MB)
2. NIM. 8176124001 ABSTRAK.pdf
Download (231kB)
3. NIM. 8176124001 KATA PENGANTAR.pdf
Download (362kB)
4. NIM. 8176124001 DAFTAR ISI.pdf
Download (354kB)
6. NIM. 8176124001 DAFTAR TABEL.pdf
Download (164kB)
7.NIM. 8176124001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (44kB)
8.NIM. 8176124001 BAB I.pdf
Download (537kB)
12. NIM. 8176124001 BAB V.pdf
Download (256kB)
13. NIM. 8176124001 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (343kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) menganalisis kelayakan model pembelajaran gitar klasik GiptuBan berbasis teori elaborasi pada Prodi Pendidikan Musik Unimed; dan (2) menganalisis keefektifan model pembelajaran gitar klasik GiptuBan berbasis teori elaborasi pada Prodi Pendidikan Musik Unimed. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian & pengembangan (R&D). Pengembangan model pembelajaran GiptuBan mengadopsi model ADDIE. Hasil pengembangan model pembelajaran GiptuBan berbasis teori elaborasi mempunyai tujuh sintaks. Tahapan model pembelajaran GiptuBan: (1) Introduction (Pengenalan Instrumen), (2) Organology (Struktur Instrumen), (3) Gesture (Sikap Badan), (4) Fingering (Penjarian), (5) Reading (Membaca), (6) Implementation (Penarapan), (7) Evaluation (Penilaian). Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah buku model pembelajaran gitar klasik GiptuBan, buku ajar, buku panduan dosen dan buku panduan mahasiswa. Hasil uji kelayakan terhadap produk model pembelajaran yang diperoleh dari ahli desain pembelajaran untuk buku ajar sebesar 0,881; untuk buku model sebesar 0,875; untuk buku panduan dosen sebesar 0,858; dan untuk buku panduan mahasiswa sebesar 0,839. Hasil uji kelayakan terhadap produk model pembelajaran yang diperoleh dari ahli materi pembelajaran untuk buku ajar sebesar 0,871; untuk buku model sebesar 0,851; untuk buku panduan dosen sebesar 0,847; dan untuk buku panduan mahasiswa sebesar 0,839. Hasil uji kelayakan terhadap produk model pembelajaran yang diperoleh dari ahli media pembelajaran untuk buku ajar sebesar 0,823; untuk buku model sebesar 0,827; untuk buku panduan dosen sebesar 0,833; dan untuk buku panduan mahasiswa sebesar 0,820. Sedangkan untuk hasil uji keefektifan dari aspek kognitif penilaian tes hasil belajar mahasiswa diperoleh nilai t hitung 3,654 > t tabel 1,683. Hasil uji keefektifan dari aspek afektif penilaian tes hasil belajar mahasiswa diperoleh nilai t hitung 3,358 > t tabel 1,683. Hasil uji keefektifan dari aspek psikomotorik penilaian tes hasil belajar mahasiswa diperoleh nilai t hitung 5,743 > t tabel 1,683.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Additional Information: | 371.33 Sem p |
Keywords: | Model Pembelajaran, Gitar Klasik, GiptuBan, Berbasis Elaborasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan (S3) |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 15 Jul 2024 09:27 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 09:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58731 |