Pengembangan Model Pembelajaran Gitar Klasik GiptuBan Berbasis Teori Elaborasi

Sembiring, Adina Sastra (2023) Pengembangan Model Pembelajaran Gitar Klasik GiptuBan Berbasis Teori Elaborasi. Doctoral thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM.8176124001 COVER.pdf] Text
1. NIM.8176124001 COVER.pdf

Download (58kB)
[thumbnail of NIM. 8176124001 LEMBRA PENGESAHAN.pdf] Text
NIM. 8176124001 LEMBRA PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2. NIM. 8176124001 ABSTRAK.pdf] Text
2. NIM. 8176124001 ABSTRAK.pdf

Download (231kB)
[thumbnail of 3. NIM. 8176124001 KATA PENGANTAR.pdf] Text
3. NIM. 8176124001 KATA PENGANTAR.pdf

Download (362kB)
[thumbnail of 4. NIM. 8176124001 DAFTAR ISI.pdf] Text
4. NIM. 8176124001 DAFTAR ISI.pdf

Download (354kB)
[thumbnail of 6. NIM. 8176124001 DAFTAR TABEL.pdf] Text
6. NIM. 8176124001 DAFTAR TABEL.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of 7.NIM. 8176124001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf] Text
7.NIM. 8176124001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (44kB)
[thumbnail of 8.NIM. 8176124001 BAB I.pdf] Text
8.NIM. 8176124001 BAB I.pdf

Download (537kB)
[thumbnail of 12. NIM. 8176124001 BAB V.pdf] Text
12. NIM. 8176124001 BAB V.pdf

Download (256kB)
[thumbnail of 13. NIM. 8176124001 DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
13. NIM. 8176124001 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (343kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) menganalisis kelayakan model pembelajaran gitar klasik GiptuBan berbasis teori elaborasi pada Prodi Pendidikan Musik Unimed; dan (2) menganalisis keefektifan model pembelajaran gitar klasik GiptuBan berbasis teori elaborasi pada Prodi Pendidikan Musik Unimed. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian & pengembangan (R&D). Pengembangan model pembelajaran GiptuBan mengadopsi model ADDIE. Hasil pengembangan model pembelajaran GiptuBan berbasis teori elaborasi mempunyai tujuh sintaks. Tahapan model pembelajaran GiptuBan: (1) Introduction (Pengenalan Instrumen), (2) Organology (Struktur Instrumen), (3) Gesture (Sikap Badan), (4) Fingering (Penjarian), (5) Reading (Membaca), (6) Implementation (Penarapan), (7) Evaluation (Penilaian). Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah buku model pembelajaran gitar klasik GiptuBan, buku ajar, buku panduan dosen dan buku panduan mahasiswa. Hasil uji kelayakan terhadap produk model pembelajaran yang diperoleh dari ahli desain pembelajaran untuk buku ajar sebesar 0,881; untuk buku model sebesar 0,875; untuk buku panduan dosen sebesar 0,858; dan untuk buku panduan mahasiswa sebesar 0,839. Hasil uji kelayakan terhadap produk model pembelajaran yang diperoleh dari ahli materi pembelajaran untuk buku ajar sebesar 0,871; untuk buku model sebesar 0,851; untuk buku panduan dosen sebesar 0,847; dan untuk buku panduan mahasiswa sebesar 0,839. Hasil uji kelayakan terhadap produk model pembelajaran yang diperoleh dari ahli media pembelajaran untuk buku ajar sebesar 0,823; untuk buku model sebesar 0,827; untuk buku panduan dosen sebesar 0,833; dan untuk buku panduan mahasiswa sebesar 0,820. Sedangkan untuk hasil uji keefektifan dari aspek kognitif penilaian tes hasil belajar mahasiswa diperoleh nilai t hitung 3,654 > t tabel 1,683. Hasil uji keefektifan dari aspek afektif penilaian tes hasil belajar mahasiswa diperoleh nilai t hitung 3,358 > t tabel 1,683. Hasil uji keefektifan dari aspek psikomotorik penilaian tes hasil belajar mahasiswa diperoleh nilai t hitung 5,743 > t tabel 1,683.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information: 371.33 Sem p
Keywords: Model Pembelajaran, Gitar Klasik, GiptuBan, Berbasis Elaborasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan (S3)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 15 Jul 2024 09:27
Last Modified: 15 Jul 2024 09:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58731

Actions (login required)

View Item
View Item